Tujuan Wisata di ‘Kota Batik’ Pekalongan Terbaik

Tempat Wisata di Pekalongan – Berada di kawasan jalur pantura yang menghubungkan langsung Jakarta–Semarang–Surabaya dan juga berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Pekalongan merupakan salah satu Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan akan adat dan kebudayaannya. Mengunjungi Pekalongan, Kamu bisa menemukan beragam adat dan ritual seperti Sedekah Bumi, Syawalan, dan berbagai kebudayaan lainnya yang mungkin tak bisa dijumpai di daerah lainnya di Pulau Jawa.

Selain itu, Pekalongan juga dikenal sebagai Kota Batik karena tak cuma menjadi salah satu daerah penghasil Kain Batik, Batik Pekalongan sendiri memiliki ciri khas-nya tersendiri yang membuatnya digemari, khususnya para kolektor Batik.

Kekayaan adat dan budaya inilah yang menjadikan Pekalongan salah satu tujuan wisata yang cukup menarik untuk dijelajahi. Berikut rekomendasi tempat-tempat wisata di Pekalongan populer yang bisa jadiwi referensimu saat berkunjung ke Pekalongan!

  1. Puncak Tugu Petungkriono

Berbicara soal tempat wisata di Pekalongan, Puncak Tugu Petungkriono adalah salah satu pilihan destinasi yang kin tengah hits. Berada di Pegunungan Kandeng, di obyek wisata Pekalongan ini terdapat sebuah Tugu peninggalan Belanda sejak abad ke-17 yang dinamakan Tugu Trianggulasi.

Selain Tugu bersejarah ini, tentu panorama alam dari ketinggian yang sangat memukau jadi alasan utama mengapa Puncak Tugu Petungkriono menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Pekalongan.

Berkunjung ke obyek wisata Pekalongan ini, jangan lupa bawa kamera dan lensa terbaikmu untuk mengabadikan momen serta pemandangan yang indah di tempat ini, ya!

Lokasi: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.

  1. Bukit Watu Ireng

Berbeda dengan bukit sebelumnya, destinasi wisata di Pekalongan selanjuntya ini merupakan monolit alias sebuah batu berukuran sangat besar sehingga menjadi seperti bukit.

Memiliki luas mencapai 2 hektar, Bukit Watu Ireng memiliki ciri khas warnanya yang gelap kehitaman. Namun, pada bagian puncak bukit terdapat rerumputan dan vegetasi lainnya yang tumbuh.

Lokasi: Desa Lambur, Kandang Serang, Pekalongan, Jawa Tengah.

  1. Bukit Pawuluhan

Tujuan tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah Bukit Pawuluhan yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan momen matahari terbit yang sangat indah.

Namun, untuk bisa mencapai puncak dari tempat wisata Pekalongan ini, Kamu perlu menempuh medan perjalanan yang tak mudah. Tapi, dengan pemandangan asri dari pepohonan dan juga persawahan, tentu medan yang sulit ini akan terasa lebih ringan.

Lokasi: Klesem, Kandangserang, Pekalongan, Jawa Tengah

Tulisan ini dipublikasikan di Travel dan tag . Tandai permalink.