Tok, Baleg Setujui RUU Kementerian Negara Jadi Inisiatif DPR

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Rancangan Revisi Undang-undang (RUU) Kementerian Negara sebagai RUU usul inisiatif DPR. Keputusan itu disepakati dalam rapat Panja yang dipimpin Ketua Panja DPR RI Achmad Baidowi alias Awiek

“Panja beranggapan bahwa RUU seputar RUU seputar Perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 seputar Kementerian Negara dapat diajukan sebagai RUU Masukan Inisiatif DPR RI,” kata Awiek, saat rapat pleno pengambilan keputusan di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/5/2023).

Awiek menyajikan, perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 seputar Kementerian Negara ini bertujuan untuk mempermudah Presiden dalam membentuk kementerian negara.

Selanjutnya, Ketua Baleg Supratman Andi Agtas bertanya terhadap semua member dewan yang hadir dalam rapat pleno apakah hasil Panja diterima atau tak.

“Laporan Panja dapat kita terima?” tanya Supratman.

“Terima,” jawab member.

Adapun materi bobot RUU Perubahan spaceman pragmatic Kementerian Negara yang sudah diputuskan secara musyawarah mufakat yakni sebagai berikut:

1. Penjelasan Pasal 10 dihapus;

2. Perubahan Pasal 15; dan

3. Penambahan ketentuan mengenai tugas pemantauan dan peninjauan undang-undang di Ketentuan Penutup.

Revisi UU Kementerian Negara Bisa Pesat
Ketua Badan Legislasi (Baleg) RI Supratman Andi Agtas mengatakan, proses atau pembahasan revisi UU Kementerian Negara bergantung pada persetujuan pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo.

“Apabila di kita akan mempercepat, namun kan tergantung pada pemerintah juga sesudah di badan legislasi di paripurnakan kemudian kita kirim ke pemerintah apakah presiden setuju atau tak kan tergantung,” kata Supratman, di Rumit Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024)

Percepatan peresmian revisi UU tersebut, termasuk berkaitan pasal penambahan jumlah kementerian, menurut Supratman juga diputuskan oleh Jokowi, bukan semata-mata DPR.

Apabila Pak Presiden Jokowi setuju dengan draf yang akan kita ajukan misalnya menyangkut soal jumlah itu ya akan dapat cepat,” jelas ia.

“Kita serahkan sepenuhnya terhadap pemerintah untuk bersama-sama,” sambungnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.