Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan
Tips dan Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa – Ketika menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan, tiba kamu harus menahan dahaga selama seharian. Cairan tubuh yang masuk ke tubuh kamu hanya sedikit dan menyebabkan badan kita lemas dan gampang ngantuk.

Selain itu, kamu akan merasakan bibir kamu sangat kering dan mungkin bisa sampai pecah-pecah. Walaupun bukan masalah yang besar, tapi untuk sebagian orang pasti sangat mengganggu keseharianmu.

Berikut ini cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa!

Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa Ramadan

Minum Air Putih yang Cukup

Dengan kamu banyak meminum air putih saat sahur kamu akan mempunyai cadangan air dalam tubuh kamu, sehingga kamu akan terhindar dehidrasi pada siang harinya.

Baca Juga :   Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Tetap Lezat

Tidak hanya saat sahur, ada baiknya kamu juga minum banyak air putih saat berbuka agar tubuh kamu juga mempunyai pencernaan yang lancar di dalamnya.

Sebagai masukan, saat baru berbuka atau akan makan, pastikan kamu meminum setidaknya satu gelas air putih. Kemudian minum satu hingga dua gelas air putih lagi setelah selesai makan. Ini akan membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Kurangi Makan Gorengan dan Pedas

Gorengan dan pedas membutuhkan air yang banyak untuk meredakan minyak dan pedas. Badan kamu akan cepat merasa kering karena minyak dan gorengan. Jika badan kamu terasa kering pasti bibir kamu juga akan terasa kering dan pucat.

Baca Juga :   Penyebab dan Risiko Penyakit Saraf Motorik

Konsumsi Madu

Madu adalah salah satu cara yang paling mujarab dan dipercaya efektif untuk mengatasi bibir kering saat berpuasa. Madu bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga diolesi ke bibir.

Namun, untuk menghindari cairan madu membatalkan puasa, usahakan untuk mengolesi madu ke bagian bibir di malam hari, sebelum makan sahur dan setelah berbuka.

Jadi saat berpuasa di siang hari bibirmu bisa lebih terhindar dari rasa kering dan pecah-pecah.

Perbanyak Sayuran

Selama masa puasa tubuh kita akan secara alami akan mengalami detoksif atau membuang racun yang selama ini menumpuk. Memakan sayuran segar akan mengoptimalkan regenerasi pada tubuh kita.

Baca Juga :   Kenali Manfaat Sarang Madu untuk Kesehatan

Selain itu, dengan makan sayur kamu akan jarang mengalami bibir kering dan pecah-pecah karena kandungan ion dan air dalam sayuran tinggi.

Gunakan Lip Balm

Tidak hanya untuk wanita, pria pun juga dapat memakainya karena akan membuat bibir kamu tampak alami dan tidak kering. Selain itu juga lip balm adalah salah satu perawatan untuk bibir kamu agar sehat.

Saat berpuasa, pilihlah lip balm yang natural tanpa perasa dan juga wewangian untuk menghindari makruh.