Tips dan Cara Melancarkan Pencernaan saat Puasa Ramadan

Melancarkan Pencernaan saat Puasa – Menjalankan ibadah puasa Ramadan selain mendapat pahala yang berlimpah, juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Tapi sering kali karena seharian nggak makan, pas buka puasa kita jadi kalap makan makanan apa pun.

Makan makanan yang sembarangan juga seringkali bikin pencernaan kamu tidak lancar. Bukan cuma makanan aja yang jadi faktor pencernaan menjadi tidak lancar.

Untuk itu, ketahui tips dan cara supaya saat puasa badan tetap fit dan pencernaan tetap lancar!

Cara Agar BAB Lancar saat Puasa

Olahraga

Jangan jadikan alasan puasa untuk tidak berolahraga. Justru olahraga sangat penting baik kamu sedang berpuasa atau tidak. Selain membuat badan menjadi bugar, berolahraga dapat melancarkan sistem pencernaan.

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa adalah 30 menit setelah atau sebelum berbuka puasa. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan cepat atau bersepeda.

Makan Makanan Tinggi Serat

Asupan makanan juga menjadi hal penting saat berpuasa. Bukan karena telah menahan lapar dalam waktu berjam-jam kamu jadi sembarangan makan. Makanlah makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayur, buah, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, gandum, atau kamu bisa mengganti nasi kamu dengan beras merah.

Selain dapat memperlancar pencernaan makanan tinggi serat juga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang rendah serat. Sehingga dapat membuat kamu makan lebih sedikit, jadi berat badan saat puasa terkontrol deh!

Minum Air Putih dengan Sistem 2-4-2

Selain makan makanan yang tinggi serat, minum air putih sangat penting saat berpuasa. Apabila dehidrasi bukan cuma pencernaan aja yang gak lancar, tapi bisa menyebabkan sakit kepala, kelelahan bahkan kulit jadi kering.

Aturan yang pas dan sesuai untuk minum air saat puasa adalah dengan sistem 2-4-2. Artinya kamu harus meminum dua gelas saat berbuka puasa, 4 gelas air saat malam hari, dan 2 gelas waktu sahur.

Mengurangi Makan Pedas

Makan makanan pedas memang sangat lezat dan menyegarkan. Bagi orang sebagian besar orang Indonesia, kurang lengkap rasanya apabila menyantap makanan tanpa sambal.

Sebenarnya saat bulan puasa, kita boleh saja mengonsumsi makanan pedas, asalkan tidak berlebihan karena akan menimbulkan masalah seperti maag atau diare.

Mengurangi Konsumsi Kafein

Kopi merupakan minuman yang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapanpun. Namun apabila saat berpuasa kamu harus mengurangi konsumsi, setidaknya hanya 1 gelas saja dalam sehari. Minum kopi saat berbuka juga dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag , , . Tandai permalink.