Tips Bebas Diare saat Travelling

Siapa sih yang tidak suka berlibur? Liburan biasanya dijadikan momen untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga atau kerabat, hingga mencoba berbagai makanan khas dari kota yang dikunjungi. Tentunya kegiatan tersebut menjadi hal yang menyenangkan, sehingga bisa meningkatkan suasana hatimu dan terhindar dari stres.

Namun, ada saja hal yang bisa membuat liburan menjadi tak mengasyikkan. Misalnya, mengalami diare akibat mengonsumsi makanan yang tidak higienis atau hal lainnya.

Oleh sebab itu, perhatikan kandungan makanan dan tingkat kebersihan restoran yang kamu kunjungi saat berlibur. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan beberapa tips sehat agar kamu bebas diare saat travelling.

Tips Bebas Diare saat Travelling
Selain mengunjungi tempat destinasi wisata, mencoba berbagai makanan khas dari lokasi tersebut menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh para wisatawan. Dalam wisata kuliner ini, kamu mungkin akan mencoba berbagai menu makanan. Mulai dari makanan yang pedas hingga makanan yang bersantan.

Nah, selain memastikan cita rasa, pastikan kamu memilih restoran dengan tingkat kebersihan yang baik. Jika tidak, bisa saja kamu mengalami gangguan pencernaan seperti diare yang membuat liburan jadi tidak menyenangkan.

Selain tidak dapat menikmati liburan yang kamu jalani, diare juga dapat menyebabkan perut kembung, peningkatan frekuensi buang air besar (BAB), mual, lemas, hingga pusing.

Agar terhindar dari kondisi ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui berbagai tips bebas diare saat travelling. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Pilih jenis makanan dan minuman dengan tepat

Jangan asal mengonsumsi makanan yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya. Pastikan kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan tingkat kematangan yang optimal.

Hindari mengonsumsi makanan yang telah disajikan dalam waktu yang cukup lama. Pilihlah makanan yang diolah saat itu juga untuk menurunkan risiko paparan bakteri atau virus pada makanan.

Konsumsilah air putih dari air minum kemasan. Hindari mengonsumsi air putih yang belum matang, karena berisiko memicu gangguan pencernaan.

  1. Rutin mencuci tangan

Jagalah kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan. Misalnya, setelah menggunakan toilet, menyentuh permukaan atau objek yang banyak disentuh orang, hingga sebelum mengonsumsi makanan.

Cucilah tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air yang mengalir. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan sumber air terdekat.

Baca juga: Inilah Komplikasi Akibat Diare yang Harus Diwaspadai

  1. Pastikan membawa obat untuk mengatasi diare

Saat liburan jangan lupa untuk membawa berbagai jenis obat-obatan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Salah satunya adalah obat diare. Kamu bisa memilih obat diare yang cukup praktis untuk dibawa ke mana saja saat berlibur, seperti Entrostop Cair dengan formula herbal.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.