Terjadi pada Tubuh Kalau Minum Kopi Tiap-tiap Hari?

Minum kopi termasuk rutinitas yang dikerjakan banyak orang sebelum berkegiatan. Tetapi, apa yang terjadi pada tubuh bila minum kopi tiap hari?

Kopi umumnya aman dikonsumsi tiap hari asal tidak berlebihan. Selain itu, ada sebagian manfaat positif yang terjadi pada tubuh sebab minum kopi tiap hari, seperti meningkatkan energi dan mencegah penyakit jantung.

Tetapi, minum kopi tiap hari juga bisa memberi efek samping pada tubuh bila melebihi batas yang dianjurkan atau dikonsumsi di waktu tertentu, misalnya sebelum makan.

Ibu hamil atau orang yang mengalami keadaan medis tertentu mungkin perlu membatasi minuman berkafein seperti kopi.

Untuk lebih jelasnya, berikut sebagian hal yang terjadi pada tubuh bila minum kopi tiap hari.

Apa yang terjadi pada tubuh bila minum kopi tiap hari?

Menurut US Department of Agriculture (USDA), kopi mengandung magnesium, fosfor, dan kaya antioksidan sehingga memberi sebagian potensi manfaat bagi kesehatan.

Tetapi, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi secara berlebihan juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan tertentu. Itu sebabnya, hal yang terjadi pada tubuh bila minum kopi tiap hari bisa berupa manfaat positif dan akibat negatif.

Diinformasikan dari Eating Well, berikut hal positif yang terjadi pada tubuh bila minum kopi tiap hari:

* Meningkatkan energi

Kopi mengandung kafein yang memberi stimulasi pada cara syaraf pusat sehingga membuat seseorang lebih berenergi dan menuntaskan kantuk. Minum kopi tiap hari juga bisa meningkatkan fungsi otak sehingga energi ingat akan lebih tajam.

* Meningkatkan Suasana Hari

Sebuah studi yang diterbikan Journal of slot minimal depo 10k Basic and Clinical Physiology and Pharmacology pada tahun 2018 menonjolkan bahwa partisipan (orang dewasa sehat) mengalami peningkatan suasana hati setelah minum kopi.

* Mengurangi risiko penyakit alzheimer

Kopi mengandung sejumlah senyawa polifenol bioaktif yang bisa menyokong aspek kesehatan tertentu, termasuk kesehatan otak.

Menurut jurnal yang diterbitkan International Journal of Molecular Sciences pada 2021, konsumsi kopi bisa menurunkan risiko masalah neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer, parkinson, dan demensia.

* Menurunkan risiko Penyakit kardiovaskular

Minum kopi juga bisa menyokong kesehatan jantungg. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2018, mengonsumsi 3-5 cangkir kopi perhari bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 15 persen.

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.