Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon Terbaik dan Terpopuler

Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon Terbaik dan Terpopuler
Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon Terbaik dan Terpopuler

Kota Cirebon memiliki nilai sejarah yang sangat kuat sampai saat ini. Dan pastinya terdapat Destinasi Wisata Sejarah Kota Cirebon. Cirebon berasal dari kata ‘Rebon’ yang berarti udang.

Karena dulu, Kota Cirebon terkenal akan penghasil udang karena letaknya yang strategis di pinggir laut. Cirebon juga dijadikan pelabuhan sebagai tempat berlabuhnya kapal asing yang ingin melakukan aktifitas perdagangan dengan masyarakat sekitar.

Menurut sejarah, Cirebon berawal dari Sebuah Kerajaan. Oleh karena itu, jika Kalian berwisata ke Kota Cirebon, maka kamu akan dapat melihat nilai dan bekas bangunan kerajaan bersejarah yang masih dirawat hingga saat ini.

Ini dia destinasi wisata sejarah kota Cirebon yang wajib kamu kunjungi!

Baca Juga :   Taman Nasional di Jepang Ini Patut Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Sejarah Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529 M. Di keraton ini Kalian dapat merasakan suasana sejarah yang sangat kental.

Kalian juga dapat merasakan akulturasi dari berbagai budaya di Keraton ini, seperti budaya dari Jawa, Sunda, Bali, Tiongkok, Arab, India hingga Eropa.

Contoh jika Kalian memasuki wilayah Siti Inggil, Kalian bisa melihat dua gapura yang bergaya khas kerajaan majapahit. Di tembok bagian utara komplek Siti Inggil, Kalian bisa melihat piring dan porslen yang berasal dari Eropa dan Cina.

Hmm.. Sangat unik bukan tempat wisata Kota Cirebon satu ini?

Baca Juga :   Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Semarang dan Sekitarnya

Bagi Kalian yang mau ke Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon satu ini, Keraton Kasepuhan Cirebon beralamat di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemah Wungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

Kalian bisa ke Kota Cirebon dengan naik kereta. Keraton Kasepuhan Cirebon hanya 30 menit dari Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon lho!

Keraton Kanoman Cirebon

Wisata Sejarah Kota Cirebon selanjutnya adalah ke Keraton Kanoman. Pada awalnya, Keraton Kanoman Cirebon didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya pada tahun 1678 M.

Kesan pertama yang akan Kalian rasakan pertama kali masuk ke komplek ini adalah kuatnya nilai-nilai seni budaya dan sejarah yang terlihat di bentuk bangunannya.

Baca Juga :   Destinasi Tempat Wisata di Laos

Seperti di Keraton Kasepuhan Cirebon, terdapat piring-piring asli Tiongkok di dinding-dinding Komplek Keraton Kanoman Cirebon.

Dari Wisata Kota Cirebon satu ini, Kalian juga bisa masuk ke dalam museum di dalam Komplek Keraton Kanoman Cirebon yang berisi benda peninggalan warisan Kesultanan Cirebon, seperti Kereta Kencana Paksi Naga Liman dan Jempana yang masih terawat dan tersimpan baik di Museum.

Kalian yang penasaran ke Tempat Wisata Sejarah Kota Cirebon ini, Ketaron Kanoman Cirebon berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk, tepatnya berada dibelakang pasar Kanoman.