Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia
Tempat Wisata di Indonesia yang Terkenal dan Mendunia

Negara kita tercinta, Indonesia, memang memiliki alam yang sangat indah. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat indah dan memukau.

Sebagai penduduk asli Indonesia, kita sudah sepatutnya berbangga hati lho Toppers tinggal di negeri yang dikelilingi beribu – ribu pulau dengan keindahan yang tiada duanya.

Tidak heran kalau banyak turis wisatawan yang rela berdatangan dari berbagai negara untuk menikmati objek wisata Indonesia yang populer di mancanegara.

Dari sekian banyak objek wisata di Indonesia favorit yang sering dikunjungi, beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal hingga ke seluruh dunia lho! Mau tahu apa aja itu? Yuk, telusuri ragam tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia berikut:

Tujuan Wisata Indonesia yang Populer di Mata Dunia

Berikut ini tujuan wisata Indonesia yang terkenal dan populer di dunia. Dari pemandangan alam yang indah, hingga peninggalan sejarah yang fenomenal.

Pura Besakih

Pura Agung Besakih adalah pura terbesar dan termegah di Bali. Pulau ini terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, berada di lereng sebelah barat daya Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali.

Baca Juga :   Tempat Makan Enak di Jakarta Selatan

Pura Agung Besakih memiliki gaya arsitektur yang mengagumkan khas Bali dan berada di ketinggian 915 kaki di kaki Gunung Agung dengan memukau. Bangunan yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi ini menjadi pusat kegiatan spiritual Hindu Dharma di Pulau Dewata.

Dengan segala fitur yang dimiliki Pura Besakih, tidak aneh jika situs ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO sejak selamat dari erupsi Gunung Agung pada tahun 1963.

Akses dari Kota Denpasar untuk mencapai tempat ini berjarak sekitar 25 km ke arah utara dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung. Perjalanan menuju Pura Besakih melewati panorama Bukit Jambul yang juga merupakan salah satu obyek dan daya tarik wisata Kabupaten Karangasem.

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Baca Juga :   Destinasi Wisata Kota Palopo Hits yang Wajib Dikujungi

Saat pertama kali menginjakan kaki disini, jangan heran bila Toppers akan disambut dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Warna airnya yang sangat jernih juga akan bikin kamu betah untuk berlama-lama di kawasan ini. Panorama alam ini menjadi sajian liburan utama bagi wisatawan dalam berkunjung

Faktor lain yang menjadi alasan mengapa kawasan ini wajib untuk dikunjungi, yaitu ekosistem bawah laut dan keasrian alam sekitarnya benar-benar masih sangat terjaga. Wajar jika banyak wisatawan yang datang berbondong-bondong ke tempat ini, baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional.

Pada tahun 2005 pemerintah telah mencoba mendaftarkan kawasan wisata ini ke UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia, bahkan sampai mendapat julukan sebagai “Pristine Island”.

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas (TNKW) Lampung ditetapkan sebagai kawasan Taman Warisan ASEAN (ASEAN Heritage Park) yang ke-36, pada tanggal 25 Juli 2016. Artinya, Taman Nasional Way Kambas ini menjadi Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia.

Baca Juga :   Daftar Tempat Wisata di Banten Terpopuler

Terletak di ujung selatan Sumatera atau 110 km dari Bandar Lampung, TNKW merupakan salah satu Taman Nasional pertama dan tertua di Indonesia. Taman Nasional ini menempati 1.300 km persegi dari hutan dataran rendah pantai sekitar Sungai Way Kambas di pantai timur Provinsi Lampung.

TNWK dikenal dengan konservasi gajah, karena selain menjadi tempat perlindungan bagi Gajah Sumatera yang berjumlah sekitar 200, taman nasional ini juga dikenal sebagai tempat latihan mereka. Way Kambas didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1937 sampai sekarang masih terjaga sebagai Taman Nasional.

Selain konservasi gajah, di sini juga terdapat konservasi badak sumatera dan ada fasilitas Rhino Sanctuary. Sayangnya untuk bisa dapat melihat Badak Sumatera ini, pengunjung harus punya izin khusus sebelumnya. Pengunjung atau wisatawan biasa tidak bisa melihat penangkaran alami badak sumatera ini.