Suplemen Penambah Darah Terbaik: Bantu Atasi Anemia

Suplemen Penambah Darah Terbaik: Bantu Atasi Anemia
Suplemen Penambah Darah Terbaik: Bantu Atasi Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau eritrosit. Kondisi ini terutama disebabkan oleh kehilangan darah, penghancuran eritrosit, atau ketidakmampuan tubuh untuk membuat sel darah merah dalam jumlah normal.

Anemia memiliki banyak jenis, salah satu contoh yakni adanya defisiensi besi. Sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin dan kaya akan zat besi. Tanpanya, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah menghantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan asam folat dan vitamin B12 juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah merah. Memenuhi asupan zat besi dan vitamin B sangat penting jika kamu menderita anemia, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan suplemen atau obat penambah darah.

Baca Juga :   Kondom Bocor, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Nah, bagi kamu penderita anemia, berikut rekomendasi vitamin penambah darah terbaik yang ampuh untuk membantu memenuhi asupan zat besi dan vitamin B harianmu:

  1. Sangobion

Sangobion merupakan obat penambah darah berupa suplemen zat besi dan vitamin untuk yang memiliki kondisi-kondisi seperti anemia, defisiensi zat besi pada dewasa dan anak, anemia saat hamil, menstruasi, pencegahan anemia pada pendonor darah, dan kekurangan zat besi akibat pendarahan.

Untuk penggunaannya, kamu dapat berkonsultasi dulu dengan dokter untuk dosis yang aman. Sangobion diminum sesuai dengan anjuran dokter atau dapat mengikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan. Dosis Sangobion yang ada di kemasan adalah 1 kali sehari.

Baca Juga :   Bahan Alami untuk Menyuburkan Rambut dengan Cepat

Biasanya, suplemen penambah darah ini diminum sambil atau setelah makan. Efek samping pada obat ini adalah karena mengandung zat besi, feses kamu akan berubah menjadi warna kehitaman dan urin berubah warna menjadi kekuningan. Hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

  1. Sangobion Vita-Tonik

Berbeda dengan Sangobion yang pertama, obat penambah darah dari Sangobion yang satu ini berbentuk sirup dengan rasa cranberry. Tentunya, Sangobion Vita-Tonik bisa jadi solusi bagi kamu yang kesulitan minum obat kapsul atau tablet.

Baca Juga :   Jenis Obat Tetes Telinga Infeksi

Suplemen ini cocok untuk penderita anemia dengan gejala mudah capek, kulit pucat, sering pusing, mata berkunang-kunang, dan gejala anemia lainnya. Dosis yang disarankan untuk Sangobion Vita-Tonik adalah satu kali sehari sebanyak 2 sendok makan (30 ml).

  1. Etabion

Obat penambah darah selanjutnya adalah Etabion yang berbentuk tablet. Obat ini cocok untuk pembentukan darah pada pasien anemia dan ibu hamil.

Di dalamnya, terdapat Ferro Fumarat yang dapat mencegah kekurangan zat besi dan Mangan Sulfat untuk membantu metabolisme tubuh. Dosis yang disarankan untuk meminum Etabion adalah 2 tablet sehari.