Solusi untuk Mengatasi Hal Pelupa

Solusi untuk Mengatasi Hal Pelupa
Solusi untuk Mengatasi Hal Pelupa

Mungkin Kalian sering mengalami hal itu dan tiba-tiba kamu menemukan handphone kamu di tempat tidur. Bukan handphone kamu yang bisa berjalan, tapi kamu yang lupa kalau sebelumnya meletakkannya di tempat tidur, bukan di meja ruang tamu.

Saat ini penyakit “lupa” bukan hanya bisa dialami oleh orang tua yang daya ingatnya sudah menurun atau biasanya disebut dengan pikun, tapi juga bisa menimpa Kalian yang umurnya masih tergolong muda. Stres, kualitas dan waktu tidur yang buruk, kurangnya asupan makanan serta trauma menjadi beberapa penyebab kamu menjadi orang yang pelupa.

Pastinya kamu nggak mau kan terus-terusan jadi orang yang pelupa? Nah kali ini Toped akan memberikan solusi untuk mengatasi penyakit “lupa” yang kamu alami. Kira-kira seperti apa yah caranya? Langsung cari tahu di sini yuk!

Baca Juga :   Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan!

Jangan pernah abaikan sarapan

Sarapan di pagi hari memang menjadi waktu makan yang paling penting karena selain sebagai sumber energi untuk tubuh, sarapan juga dapat menjaga dan mendukung perkembangan sel-sel otak agar tetap sehat. Mulailah hari kamu dengan menu sehat seperti makanan yang kaya akan protein, serat dan omega 3 seperti kombinasi antara sandwich isi salmon dan telur dengan susu atau jus buah segar. Kamu juga bisa minum suplemen omega 3 untuk mencukupi asupan omega 3 yang diperlukan oleh sel-sel otak untuk saling terhubung dan menjalankan kinerjanya dengan baik.

Tidur teratur

Kualitas dan waktu tidur juga berpengaruh terhadap kemampuan otak dalam menyimpan memori baru dalam waktu yang lama. Semakin singkat waktu tidur kamu, maka kemampuan otak untuk mengingat memori pun semakin melemah, begitu juga sebaliknya. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian dengan responden orang yang tidurnya kurang dari enam jam. Saat dihadapkan dengan tes memori, hasilnya mereka mengalami kesulitan untuk mengingat memori jangka pendek.

Baca Juga :   Resep dan Cara Membuat Masker Wajah Alami dengan Mudah

Karena itu, jangan mengabaikan waktu dan kualitas tidur kamu yah, Kalian. Waktu tidur yang sebentar mungkin kamu anggap sudah cukup untuk mengatasi kelelahan tubuh, tapi tidak untuk otak kamu. Sebisa mungkin tidurlah 8 jam sehari, atau beristirahatkan saat kamu sudah mulai merasa kelelahan, jangan paksakan tubuh dan otak kamu bekerja secara berlebihan.

Relaksasikan pikiran

Penyakit “lupa” juga bisa disebabkan oleh stres karena tuntutan pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas keseharian kamu. Nah salah satu cara agar kamu bisa berhenti menjadi orang pelupa adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan di luar rutinitas seperti berkebun, latihan meditasi dan yoga, ataupun melakukan olahraga-olahraga ringan setelah pulang kerja atau di hari weekend. Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Illinois Beckman Institute juga sudah membuktikan bahwa melakukan olahraga ringan secara teratur dapat mempertajam kecepatan berpikir dan meningkatkan volume jaringan otak. Mendengarkan musik-musik dengan alunan yang menenangkan sebelum tidur juga bisa membuat otak kamu menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

Baca Juga :   Rekomendasi Susu UHT Terbaik: Bantu Penuhi Nutrisi Harian