Setelah Operasi Usus Buntu, Ini Efek Samping yang Mungkin Dialami

Operasi Usus Buntu – Usus buntu adalah sebuah kondisi dimana terjadinya peradangan atau pembengkakan pada usus buntu di dalam perut kita. Kebanyakan orang memilih tindakan operasi sebagai cara menyembuhkannya. Namun, ketika melakukan operasi, ada efek samping yang dapat timbul.

Efek samping operasi usus buntu pasti akan terjadi pada semua pasien. Akan tetapi, efek samping yang timbul bisa berbeda-beda, tergantung dari kekebalan tubuh setiap orang yang menderita kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat timbul dari operasi usus buntu yang perlu kamu ketahui.

Apakah Operasi Usus Buntu Berbahaya?

Demam

Seusai operasi usus buntu, kamu kemungkinan besar akan mengalami demam. Hal ini disebabkan terjadinya infeksi pada tubuh, dan ini memang biasa terjadi dalam sebagian besar kasus infeksi. Namun, kemungkinan demam juga terjadi akibat adanya rasa sakit atau nyeri di bagian yang dioperasi.

Infeksi
Tentunya salah satu efek samping operasi usus buntu adalah infeksi. Seperti operasi pada umumnya, infeksi juga merupakan sebuah risiko yang mungkin terjadi. Ketika infeksi terjadi, maka yang dikhawatirkan adanya tanda-tanda seperti munculnya nanah. Jika kondisi ini terjadi, pastikan kamu langsung kembali ke dokter untuk mengatasinya.

Pendarahan
Efek samping yang mungkin kamu alami setelah operasi usus buntu berikutnya adalah pendarahan. Jika terjadi pendarahan, sebaiknya langsung kembali ke dokter untuk cepat-cepat ditangani. Akan tetapi, jika proses operasi berjalan baik dan selesai dengan sempurna, seharusnya pasien tidak akan mengalami hal ini.

Pembengkakan
Setelah melakukan operasi usus buntu, kamu juga mungkin mengalami pembengkakan. Hal ini mungkin terjadi pada saat melakukan operasi usus buntu, bekas luka sayatan yang belum sembuh total bisa menyebabkan pembengkakan.

Sepsis
Sepsis merupakan salah satu kondisi yang bisa menyerang darah serta organ-organ lain di dalam tubuh. Banyak orang yang menyamakan antara sepsis dan septikemia, padahal keduanya sangatlah berbeda. Jika sepsis sudah terjadi pada pasien maka akan sangat berpengaruh terhadap ginjal dan jantung karena suplai darah berhenti pada organ-organ penting di dalam tubuh yang membutuhkan pasokan darah.

Gangguan Ginjal
Gagal ginjal merupakan salah satu dampak buruk yang bisa saja terjadi akibat operasi usus buntu. Fungsi ginjal dapat rusak sehingga cara kerja ginjal tak lagi maksimal seperti sebelumnya.

Bau Tak Sedap pada Jahitan
Ada kemungkinan akan keluar cairan berbau tidak sedap dari bekas jahitan setelah operasi usus buntu. Terkadang keluarnya cairan ini disertai demam ringan, kemungkinan kondisi ini menandakan terjadinya infeksi.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.