Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang Tak Boleh Dilewatkan

Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang Tak Boleh Dilewatkan
Rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang Tak Boleh Dilewatkan

Dikenal sebagai sentra industri kulit dan dodol, Garut ternyata menyimpan banyak kekayaan lainnya. Kota yang dikelilingi pengunungan ini menyimpan beragam keindahan alam yang patut dikunjungi. Selain itu, masih ada berbagai sektor yang tak kalah menarik untuk disambangi mulai dari kuliner, wisata budaya, hingga beragam sentra kerajinan tangan.

Meski belum menjadi primadona wisata di Jawa Barat, tak ada salahnya untuk berkunjung ke kota di selatan Jawa Barat ini. Kamu akan disuguhkan cuaca sejuk serta keramahan para warganya. Yuk, simak beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan di Garut!

Wisata kuliner
Ke mana pun perginya, kuliner tentu menjadi salah satu target utama para wisatawan. Selain untuk mengisi perut, jelajah kuliner di suatu daerah pasti akan membawa pengalaman baru untukmu. Rasa, bahan, serta tampilan kuliner yang unik di masing-masing daerah tak pernah gagal untuk menarik para wisatawan.

Berbelanja produk industri makanan

Industri makanan yang paling terkenal di Garut adalah Chocodot. Chocodot merupakan campuran cokelat dan dodol yang dikombinasi dengan bahan-bahan seperti buah, kacang, dan cabai. Sampai saat ini, Chocodot memiliki empat gerai resmi yang bisa kamu kunjungi yaitu D’jieun Tjoklat, Gedoeng Cokelat, Bunderan, dan Campernik.

Baca Juga :   Tujuan Wisata Kota Sapporo Favorit

Ada pula burayot, jajanan khas Garut berbahan dasar adonan tepung beras dan gula merah. Sekilas bentuk burayot menyerupai pangsit goreng, pasalnya makanan ini di goreng dengan menggunakan pangsit sehingga membentuk layaknya kerucut. Rasa burayot manis dan renyah dengan tekstur legit.

Kamu bisa mencicipi jajanan ini di Rumah Industri Burayot yang terletak di daerah Leles, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Garut. Dikenal sebagai kawasan penghasil utama bahan dasar burayot, kamu bisa dengan mudah menemukannya di setiap sudut jalan.

Selain itu, kamu perlu mencicipi jajanan khas Garut, dorokdok (kerupuk kulit). Salah satu penggagasnya adalah Megarasa Kerupuk Kulit yang berdiri sejak tahun 1994. Di industri rumahan ini, kamu bisa melihat proses pembuatan, mencicipi, hingga memborongnya sebagai oleh-oleh. Dorokdok sendiri terbuat dari kulit sapi dan kerbau. Harga yang ditawarkan setiap porsi mulai dari Rp700 hingga Rp5.000. Kamu bisa mengunjunginya di daerah Leles, 45 menit perjalanan dari pusat kota.

Baca Juga :   Tujuan Wisata Mojokerto Favorit untuk Liburan Seru

Menyantap hidangan khas

Selain berkunjung ke industri rumahan, kamu tentu tak boleh melewatkan wisata kuliner di Garut. Indonesia memang dikenal dengan keberagamannya, begitu pula dengan kulinernya. Salah satunya Garut, yang menawarkan ciri khas kuliner yang patut kamu coba. Soto garut, awug, dan ladu malangbong adalah beberapa menu yang perlu kamu cicipi.

Awug merupakan perpaduan antara tepung beras, gula arena, dan kelapa garut. Makanan ini disajikan dalam bentuk layaknya tumpeng dengan rasa yang manis. Untuk menemukan kuliner ini, kamu bisa mengunjungi daerah Panuwan. Sedangkan, ladu malangbong merupakan makanan berbentuk kue bulat yang terbuat dari gula aren, gula putih, dan kelapa. Tekstur yang dihasilkan ladu cukup kenyal, namun lebih kasar dibanding dodol.

Baca Juga :   Tujuan Wisata di ‘Kota Batik’ Pekalongan Terbaik

Bagi yang gemar wisata kuliner di malam hari, kamu bisa mengunjungi Pasar Ceplak. Kamu bisa datang pukul 16:00 – 22:00 ke Jalan Siliwangi. Puluhan kedai kuliner bisa kamu temui di sini, mulai dari soto, sate, martabak, hingga gado-gado.

Mencicipi jajanan khas

Satu hal yang tak boleh kamu lupakan dalam daftar wisata kuliner adalah mencoba jajanan asli Garut! Kamu dijamin akan ketagihan dengan segala keunikan dalam camilan yang tersedia. Salah satunya serabi, makanan berbahan dasar tepung beras dan kelapa yang memiliki rasa manis. Untuk mencobanya, kamu bisa mengunjungi kedai serabi di Jalan Raya Rancaekek No 70.

Selain serabi, ada pula dodol, emplod, dan es goyobod yang bisa kamu coba selama di sana. Ragam rasa asin, manis, hingga asam bisa kamu nikmati di tiap sajian yang kamu coba.