Rekomendasi Susu UHT Terbaik: Bantu Penuhi Nutrisi Harian

Rekomendasi Susu UHT Terbaik: Bantu Penuhi Nutrisi Harian
Rekomendasi Susu UHT Terbaik: Bantu Penuhi Nutrisi Harian

Para pakar gizi berpendapat susu segar sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak, karena mengandung banyak sekali zat gizi. Sayangnya, susu yang diperah langsung dari hewan tidak dapat bertahan lama dan rentan membawa bakteri berbahaya bagi tubuh.

Oleh sebab itu, muncul inovasi pasteurisasi dan Ultra High Temperatur (UHT) untuk mengolah susu segar agar tahan lebih lama dan mempertahankan nutrisinya supaya tidak rusak. Baik pasteurisasi maupun UHT keduanya sama-sama melewati proses pemanasan dalam pengolahan susu segar.

Susu Pasteurisasi dipanaskan pada suhu tinggi yaitu 75-78 derajat Celsius (°C) selama 15 detik. Sedangkan susu UHT dipanaskan pada suhu 135-150 °C selama 2-3 detik, kemudian segera didinginkan pada suhu 4-5 °C.

Baca Juga :   Heterochromia, Kenali Berbagai Jenis dan Penyebabnya

Kedua cara ini berfungsi membunuh seluruh mikroorganisme dan bakteri di dalam susu, sehingga proses ini juga bisa disebut sebagai sterilisasi.

Saat ini sudah banyak produk susu UHT di pasaran yang bagus dan tentunya bergizi. Meskipun begitu sebelum membeli susu UHT sebaiknya memperhatikan komposisi dan jenis susu yang akan dibeli.

Pastikan juga kamu membeli susu sesuai dengan kebutuhan orang yang meminumnya contohnya anak-anak, ibu hamil, atau orang tua. Berikut ini rekomendasi susu UHT terbaik sebagai pelengkap gizi harianmu:

  1. Susu UHT Greenfields

Produk ini merupakan salah satu susu UHT terbaik. Greenfields merupakan susu sapi segar yang diolah dengan teknologi canggih.

Baca Juga :   Green Coffee, Kopi Hijau Dengan Khasiat Pelangsing

Susu dibuat dengan gula alami dan tanpa tambahan pemanis buatan sehingga tidak membuat tenggorokan seret. Terdapat beberapa varian rasa, seperti chocomalt perpaduan antara rasa manis cokelat ditambah malt yang berfungsi menambah energi saat beraktivitas sehari-hari.

Ada juga pilihan rasa lainnya seperti stroberi dan full-cream.

  1. Susu UHT Ultra Milk

Ultra milk merupakan salah satu produk unggulan dari PT Ultrajaya Milk sejak 1958 dan masih konsisten menjaga kualitasnya sampai dengan hari ini.

Susu ultra milk diperoleh dari peternakan modern yang sapinya didatangkan langsung dari Selandia Baru dan Australia.

Dalam satu kemasan susu Ultra Milk (200 ml) memberikan nutrisi sebanyak 120 kkal energi, 60 kkal lemak, kalium, dan protein.

Baca Juga :   Pilihan Obat Sakit Kepala di Apotek

Ada pula bermacam-macam vitamin termasuk vitamin A, C, D3, K, B1, B3, B6, B12, magnesium, fosfor, zink, dan selenium.

  1. Susu UHT Milo

Jika umumnya susu UHT kemasan memiliki banyak variasi rasa, Milo hanya tersedia dalam rasa cokelat. Meski begitu, susu ini banyak digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain menawarkan rasa coklat yang lezat, susu Milo juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, fosfor, serta kaya akan kandungan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan anak.

Selain susu cair UHT, ada juga produk susu bubuk kemasan Milo yang tidak kalah kandungan gizinya.