Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya
Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Metode eksfoliasi dengan scrub bibir merupakan salah satu cara untuk menjaga bibir tetap sehat dan terawat. Meski sudah banyak produk scrub bibir yang dijual di supermarket, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami.

Istilah scrub memang banyak dipakai untuk perawatan tubuh maupun wajah. Padahal, scrub juga dapat digunakan dalam perawatan bibir. Tujuannya untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati dan kotoran di bibir.

Penggunaan scrub bibir juga bisa melembapkan bibir dan membuat tampilan bibir lebih merona tanpa membuatnya kering atau iritasi.

Resep Scrub Bibir dari Bahan Alami
Selain membeli scrub bibir di supermarket, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mungkin saja sudah tersedia di rumahmu. Berikut ini adalah beberapa resep scrub bibir alami yang bisa kamu buat:

  1. Scrub madu
Baca Juga :   Mengenal Kelainan Seksual Masokis, Senang Terhadap Rasa Sakit

Madu merupakan bahan alami yang sering ditemukan dalam scrub bibir, scrub wajah, dan scrub badan. Madu juga dikenal sebagai humektan atau zat yang dapat menjaga kelembapan di kulit.

Untuk membuat scrub bibir dari madu, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh madu, 1 sendok teh minyak almond, dan 2 sendok teh gula.

  1. Scrub minyak kelapa

Bila kamu tidak memiliki madu, menderita alergi madu, atau menerapkan gaya hidup vegan, minyak kelapa bisa menjadi alternatif untuk bahan scrub bibir. Manfaat utama minyak kelapa adalah melembapkan bibir yang kering dan meredakan iritasi.

Baca Juga :   Gejala Asam Urat di Kaki yang Penting untuk Dikenali

Hanya dua bahan yang diperlukan untuk membuat scrub minyak kelapa, yaitu 1 sendok teh minyak kelapa dan 1 sendok teh gula kelapa. Aduk dan campurkan kedua bahan tersebut hingga rata.

  1. Scrub oatmeal

Oatmeal diketahui juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir bila dipakai sebagai scrub bibir. Bahan makanan satu ini mampu mengangkat minyak, kotoran, maupun sel kulit mati yang menempel di bibir.

Cara membuat scrub bibir dari oatmeal, yaitu campurkan 4 sendok makan oatmeal, 2 sendok makan gula pasir, dan 2 sendok makan minyak zaitun.

  1. Scrub kopi
Baca Juga :   Berbagai Penyebab Amandel Bernanah dan Cara Mengatasinya

Di balik rasanya yang pahit, kopi menyimpan manfaat untuk kesehatan bibir. Kopi kerap dimanfaatkan sebagai scrub bibir karena kemampuannya dalam mengelupas kulit mati sekaligus melembapkan bibir.

Tidak sulit untuk membuat scrub bibir dari kopi, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan kopi, 1 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok makan minyak zaitun.