Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Mencegah Diare

Diare bisa menyerang siapa saja dan menandai gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Kabar baiknya, ada beberapa perilaku hidup bersih untuk mencegah diare, salah satunya rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan.

Cara mencegah diare yang paling utama tentu saja menghindari kontak dengan agen infeksi yang dapat menyebabkannya. Dengan kata lain, perilaku hidup bersih dan sehat penting diperhatikan demi mencegah diare. Lantas, apa saja perilaku hidup bersih yang dapat mencegah diare?

Beberapa Perilaku Hidup Bersih untuk Cegah Diare
Selain menjaga kebersihan makanan dan minuman, perilaku hidup bersih juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa perilaku hidup bersih untuk mencegah diare:

  1. Mencuci tangan secara rutin

Diare sering kali ditularkan akibat mengonsumsi makanan atau minuman, atau menyentuh benda-benda yang terkontaminasi bakteri, parasit, atau virus. Itulah sebabnya kebiasaan mencuci tangan penting dilakukan. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi, sebelum makan, sebelum dan setelah menyiapkan makanan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, mencuci tangan dapat menurunkan risiko diare sebanyak 30 persen. CDC juga menyarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Pastikan untuk membersihkan punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku. Kemudian bilas dengan air mengalir, lalu keringkan secara menyeluruh.

  1. Simpan makanan dengan benar

Menyimpan makanan pada suhu yang disarankan merupakan salah satu perilaku hidup bersih yang dapat mencegah diare. Selain itu, penting juga untuk tidak memakan makanan yang sudah tidak layak, memasak makanan pada suhu yang disarankan, mengolah bahan makanan dengan aman dan tepat.

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara paling utama untuk mencegah diare yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Setiap orang direkomendasikan untuk minum setidaknya 8 gelas (2-3 liter) sehari. Dari semua jenis minuman, air putih adalah yang paling direkomendasikan. Namun, air garam juga baik untuk memperlambat berkurangnya cairan. Sementara itu, gula dapat membantu tubuh menyerap garam.

  1. Hindari minum kafein dan alkohol

Cara mencegah diare selanjutnya yaitu hindari minum minuman soda, kafein, dan alkohol. Seba, jenis minuman tersebut dapat memperburuk diare. Sementara itu minuman bersoda yang mengandung sirup fruktosa tinggi dapat menyebabkan sakit perut akibat masalah pencernaan. Menurut penelitian, kandungan fruktosa yang banyak dalam minuman dapat menyebabkan perut kembung dan diare.

Meskipun diare merupakan kondisi yang umum terjadi, bukan berarti kondisi ini tidak berbahaya. Dalam kasus yang serius, diare dapat mengakibatkan seseorang dehidrasi parah hingga komplikasi serius lainnya. Maka itu, penting untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat di atas untuk mencegah diare.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.