Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya agar Panjang Umur

Penyebab Penuaan Dini – Kasus penuaan dini semakin sering ditemukan pada zaman sekarang. Hal ini mungkin karena semakin banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya. Selain itu, memang banyak juga hal-hal sepele yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.

Jika kamu ingin mencegah penuaan dini dan selalu tampil awet muda serta panjang umur, kali ini Tokopedia akan membahas penyabab penuaan dini dan juga cara mencegahnya. Yuk, simak selengkapnya Kamu!

Faktor-faktor Penyebab Penuaan Dini

  1. Kebiasaan Merokok
    Merokok tidak ada baiknya untuk kesehatan tubuhmu. Selain menyebabkan berbagai jenis kanker, merokok juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini, Kamu. Nikotin yang terdapat di dalam rokok adalah penyebab dari penuaan dini. Nikotin akan memicu sel-sel kulit menjadi kekurangan air dan kehilangan kelembabannya dan membuatnya menjadi kering.

Selain itu, rokok juga akan mengurangi kadar vitamin A yang ada di pada kulit wajah. Vitamin A ini digunakan sebagai antioksidan alami yang akan menangkal radikal bebas di wajah.

  1. Konsumsi Minuman Beralkohol
    Hampir sama seperti merokok, meminum minuman beralkohol membawa banyak dampak buruk bagi tubuh, salah satunya mempercepat penuaan dini. Dalam minuman ini, terdapat banyak sekali kandungan gula dan kalori yang berbahaya bagi kesehatanmu. Meminum alkohol juga membuat nutrisi pada kulit menghilang dan membuatnya lebih buruk.
  2. Terlalu Stres
    Pernahkah kamu mendengar orang tua mengatakan, “Jangan kebanyakan stres, nanti cepat tua.” Ternyata perkataan ini ada benarnya, Kamu. Sebuah studi telah menemukan bahwa mereka yang mengalami stres terutama dalam jangka waktu panjang akan mengalami penuaan dini dan juga memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere.

Leukosit ini memiliki peranan penting bagi sistem imun tubuh. Jika kekurangan telomere maka leukosit akan mengalami kesusahan dalam menggandakan diri. Oleh karena itu, jika seseorang stres, maka leukosit akan berkurang dan juga dapat memicu penuaan dini.

  1. Kekurangan Nutrisi
    Salah satu penyebab penuaan dini lainnya adalah kekurangan nutrisi. Tanpa adanya nutrisi yang cukup, tampilan kulit juga akan menjadi buruk. Karena, dalam sehari-hari kulit membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang seimbang untuk melawan radikal bebas dan untuk memperbarui sel saat melawan sinar Matahari.
  2. Tidur Tidak Berkualitas
    Kekurangan tidur pun juga merupakan penyebab penuaan dini, Kamu! Proses peremajaan kulit terjadi pada saat tubuh sedang istirahat. Tapi, proses ini akan sangat terganggu jika periode istirahat itu berkurang. Hal tersebut akan menyebabkan penuaan dini.
Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.