Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya
Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mata bengkak memang membuat tidak nyaman. Apalagi jika diikuti rasa perih yang luar biasa, seharian rasanya ingin tidur dan jauh dari gadget. Untuk beberapa kasus bahkan disertai dengan mata merah, rasa gatal, penglihatan rabun, dan banyak belek mata.

Jika tidak segera diobati, tentunya dapat mengganggu aktivitas keseharianmu. Meskipun biasanya mata bengkak tidak menimbulkan komplikasi, namun ada beberapa kasus seperti selulitis orbital dan herpes mata yang berpotensi untuk menimbulkan masalah penglihatan yang permanen.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami mata bengkak, ketahui penyebab mata bengkak kamu serta cara cepat dan efektif untuk meredakan rasa nyerinya melalui artikel berikut!

Baca Juga :   Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Supaya mata bengkakmu segera pulih, cari tahu dulu apa penyebabnya dan temukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini.

  1. Bintitan (Hordeolum)

Pastinya kamu pernah dengar kata bintitan? Bintil yang mirip jerawat, bahkan terkadang terdapat bintik warna keputihan, di bagian kelopak mata disebut juga hordeolum. Bintitan disebabkan oleh peradangan atau infeksi di kelenjar kelopak mata bagian atas maupun bawah.

Bagian kelopak mata kita terdapat pori-pori kecil yang mudah dimasukkan oleh kulit mati, kotoran, dan minyak. Hasilnya, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan mata bengkak.

  1. Kalazion
Baca Juga :   Kenali Bahaya Dry Ice dan Cara Aman Penggunaannya

Mata bengkak kalazion mirip dengan bintitan tapi berbeda karena bukan disebabkan oleh infeksi. Kalazion timbul karena kelenjar minyak di bagian kelopak mata yang tersumbat.

Mata bengkak ini disertai dengan rasa sakit dan bengkak. Terkadang, benjolan bisa berukuran besar dan mengganggu penglihatan. Cara mengobati mata bengkak Kalazion mirip dengan bintitan.

Kamu bisa mengompres hangat bagian mata yang sakit dan menggunakan salep mata atau obat tetes mata. Pastikan mencuci tangan sebelum memegang kelopak matamu.

  1. Alergi

Mata bengkak dan berair bisa disebabkan oleh alergi mata. Debu, kotoran, atau serbuk sari akibat perubahan cuaca dapat memicu reaksi alergi bagi kamu yang sensitif.

Baca Juga :   Apakah Tuberkulosis Bisa Sembuh?

Penyebab mata bengkak ini jarang menimbulkan efek negatif yang berlebihan dan dapat hilang dengan sendirinya jika kamu menghindari dari alergen tersebut.

Untuk mengobati mata bengkak alergi, kamu bisa mengonsumsi Antihistamin atau obat pereda reaksi alergi seperti Benadryl. Tetes air mata juga bisa meredakan rasa gatal dan kering pada mata.