Penyebab Kamu Mengalami Alergi Lipstik dan Cara Mengatasinya

Ciri Alergi Lipstik – Memiliki bibir merah merona yang cantik tentunya merupakan dambaan setiap orang.

Sebagai wanita, lipstik merupakan salah satu makeup wajib yang harus dimiliki. Banyak orang menggunakan produk bibir dari lipstik hingga lip balm untuk mempercantik tampilan bibir.

Walaupun bentuknya kecil, tapi fungsinya sangat besar, mampu merubah tampilanmu seketika.

Kini sudah banyak berbagai lipstik yang ditawarkan oleh perusahaan kosmetik, dari yang bersifat moisturizing atau satin sampai matte.

Namun, pernahkah kamu merasakan gatal pada bibir? Bisa jadi kamu terkena alergi terhadap lipstik. Lalu apa saja sih ciri-ciri alergi lipstik? Serta bagaimana cara mengatasinya? Simak artikelnya berikut ini.

Lipstik memang membuat penampilan jadi lebih cantik dan segar. Namun tidak semua orang bisa cocok dengan kandungan pada lipstik tertentu.

Terjadinya alergi bisa disebabkan dari zat pewarna, pewangi, atau perasa pada lipstik tidak bisa diterima oleh sistem imun tubuh.

Lalu, Apa Penyebab Alergi Lipstik?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alergi lipstik bisa muncul karena adanya ketidakcocokan kamu dengan bahan yang terkandung pada lipstik.

Berikut bahan-bahan yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli lipstik; parfum, phenoxyethanol, talc, parabens, formaldehid, dan methylchloroisothiazolinone.

Benarkah parfum ada pada lipstik? Tentu saja, karena tidak sedikit produk lipstik yang memiliki wangi-wangi enak seperti buah atau vanilla.

Parfum sebenarnya bukan bahan pemicu alergi, namun bisa mengakibatkan terjadinya iritasi.

Paraben adalah salah satu bahan yang pasti sering dijumpai pada produk perawatan tubuh sampai kosmetik.

Banyak macam-macam tipe paraben mulai dari methylparaben, isobutylparaben, ethylparaben, isopropylparaben, propylparaben, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kulit sensitif, harus waspada dengan bahan-bahan diatas.

Dermatitis, peradangan kulit, sampai munculnya ruam bisa muncul akibat reaksi alergi pada paraben tersebut.

Terakhir yaitu talc, bahan kosmetik satu ini sering kita jumpai dan digunakan sebagai bedak.

Banyak yang menduga talc bisa jadi pemicu kanker karena bersifat karsinogen, tapi satu hal yang pasti talc memang dapat menjadi penyebab alergi.

Hindari bahan talc pada kandungan kosmetik jika kamu memiliki alergi kulit dan kulit sensitif.

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Lipstik?

Alergi lipstik disebabkan oleh kandungan non-hipoalergenik yang ada di dalam lipstik, oleh karena itu sebaiknya biarkan bibirmu istirahat dulu dan stop pemakaian lipstik sementara waktu.

Setelah itu kunjungi dokter untuk mencari tahu kandungan apa yang membuatmu alergi pada lipstik, sehingga kamu bisa memilih lipstik tanpa bahan tersebut. Selain itu, masih ada cara untuk kamu cepat sembuh dari alergi, yuk ikuti tips sberikut ini:

• Kompres bibir dengan es batu selama beberapa menit untuk mengurangi bengkak. Lakukan setiap hari sampai bengkak berkurang.
• Untuk menghilangkan rasa gatal, kamu bisa gunakan kantong teh yang sudah di dinginkan dalam kulkas.
• Oles gel lidah buaya pada bibir. Kandungan pada lidah buaya baik untuk kulit sensitif.
• Kunjungi dokter, untuk meredakan alergi di bibir mungkin kamu akan diberi obat antihistamin.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.