Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah dengan Cepat

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah dengan Cepat
Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah dengan Cepat

Cara Mengatasi Mata Merah – Kamu, kamu pasti pernah mengalami kondisi di mana mata kamu memerah dan terasa perih atau gatal. Sebenarnya apa penyebab mata merah? Mata menjadi merah bisa terjadi saat pembuluh darah melebar pada sklera atau selaput bagian putih pada mata.

Penyebab peradangan mata hingga memerah antara lain adalah infeksi bakteri, kotoran, virus, dan sebagainya. Mata merah dapat terjadi pada kedua bola mata diikuti dengan rasa sakit, gatal, penurunan penglihatan pada mata, dan pembengkakan kelenjar mata. Namun, pada kasus tertentu mata merah tidak menimbulkan gejala atau iritasi apapun.

Penyakit mata merah dapat timbul kapan saja atau secara perlahan sebagai bentuk respons saraf mata pada alergi atau cedera pada mata. Tidak semua alasan timbulnya mata merah menandakan penyakit yang serius.

Untuk itu, yuk kenali penyebab dan cara mengatasi mata merah selengkapnya berikut ini, Kamu!

Baca Juga :   Penyebab Perut Kembung dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Penyebab mata merah ada beragam dan cara mengatasi mata merah pun disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini bermacam penyebab mata merah dan cara penganganannya yang harus kamu lakukan jika mengalami kondisi sebagia berikut.

Konjungtivitis
Konjungtivitis merupakan infeksi mata yang paling umum ditemukan pada anak-anak. Konjungtivis terjadi karena membran transparan yang menutupi bagian sklera dan garis pada kelopak mata terserang infeksi.

Jika mengalami kondisi ini, cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan obat tetes mata antibiotik guna membunuh infeksi bakteri. Pada umumnya, konjungtivitis tidak membutuhkan perawatan intensif dan akan segera menghilang dengan sendirinya.

Mata Kering
Sindrom ini terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi air yang mencukupi untuk melubrikasi dan menyegarkan mata. Mata kering yang kronis dapat menyebabkan permukaan mata meradang dan iritasi, menyebabkan mata merah.

Baca Juga :   Seputar Prosedur Endourologi dan Kelebihannya

Untuk mengatasi mata yang kering, kamu bisa menggunakan air bersih untuk membasahi mata secara rutin. Selain itu, disarankan menggunakan obat tetes mata yang terjamin sterilitasnya.

Alergi
Mata yang berubah kemerahan juga bisa ditimbulkan karena adanya suatu alergi. Mata merah cenderung dianggap sebagai bentuk alergi karena reaksi tubuh terhadap zat asing yang dianggap berbahaya.

Jika kamu alergi mata yang menjadi merah, cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi obat alergi. Hindari pula pemicu alergi seperti debu dan asap dengan mengenakan kacamata ketika berada di ruangan terbuka.

Lensa Kontak
Salah satu penyebab paling umum mata merah adalah penggunaan lensa kontak yang berlebihan dan tidak steril, sehingga permukaan mata mengalami iritasi. Mata merah ketika menggunakan lensa kontak bisa menjadi gejala infeksi yang serius seperti keratitis atau infeksi jamur mata.

Baca Juga :   Inilah Pilihan Obat Sakit Perut Alami

Untuk mengatasi mata merah karena lensa kontak, kamu bisa membasahi mata dengan cairan tetes mata agar sklera tidak mengering saat mengenakan lensa kontak. Jangan menggunakan lensa kontak untuk waktu yang terlalu lama hingga dibawa tidur.

Computer Vision Syndrome
Di era digital seperti saat ini, setiap orang menghabiskan waktu belasan hingga puluhan jam di depan layar monitor setiap hari. Mata akan mengalami kelelahan dan panas, serta lebih jarang berkedip sehingga membuat mata memerah. Kondisi ini disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS).

Untuk mengatasi CVS, kamu harus beristirahat dan tidak menatap layar monitor atau televisi untuk beberapa saat. Disarankan untuk tidur dan mengenakan kacamata terapi saat akan beraktivitas dengan komputer.