Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan

Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan
Obat Diare Alami: Manjur dan Bahan Mudah Ditemukan

Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang ditandai dengan intensitas buang air besar cukup sering dan berair. Kondisi ini akan terasa tidak nyaman bagi penderitanya karena harus bolak-balik ke kamar mandi.

Diare bisa berlangsung selama beberapa jam atau bahkan berhari-hari. Gangguan pencernaan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi virus, infeksi bakteri, keracunan makanan, dan masih banyak lagi.

Gejala umumnya biasanya ditandai dengan sering buang air besar berair, perut kembung, hingga kram perut. Untuk pertolongan pertama, tidak ada salahnya kamu menggunakan obat diare alami dengan bahan-bahan yang sudah kamu miliki di rumah.

Baca Juga :   Inilah Obat Pusing untuk Ibu Menyusui yang Aman

Pengobatan diare secara alami lebih sering dicari karena dipercaya memiliki efek samping yang lebih sedikit dibanding obat kimia. Selain itu, obat alami diare berikut ini menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumah, lho:

  1. Air Putih

Kita tahu bahwa kebutuhan air putih di dalam tubuh manusia bisa hingga 80%. Air putih memiliki khasiat sebagai obat diare dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Dehidrasi saat diare bisa berakibat fatal baik bagi anak kecil ataupun orang dewasa. Kamu bisa mulai tingkatkan porsi cairan yang kamu minum setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Baca Juga :   Kanker Gusi, Kenali Gejala dan Cara Menanganinya

Menurut salah satu studi penelitian, alkohol, susu, soda, minuman berkarbonasi atau berkafein tidak boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Justru akan semakin memperburuk gejala dan kondisi kamu.

  1. Buah Pisang

Saat diare sangat dianjurkan untuk lebih memperhatikan pola makan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala diare, misalnya pisang.

Pisang bisa menjadi obat diare alami karena pisang kaya akan kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit dari tubuh akibat diare.

Selain itu, pisang mengandung pektin dan serat rendah yang dapat menyerap cairan dalam usus sehingga kotoran yang dikeluarkan akan lebih padat dan tidak berair.

  1. Gandum
Baca Juga :   Macam-Macam Gangguan pada Telinga

Obat diare secara alami selanjutnya adalah makanan olahan gandum seperti roti dan pasta. Olahan gandum memiliki serat yang rendah, sehingga dapat mudah dicerna dalam usus dan memadatkan feses.

Pastikan kamu tidak menambahkan mentega, madu, selai pada roti atau krim susu serta saus pedas pada olahan pasta.