Ngemil Nggak Bakalan Bikin Kamu Gemuk Kok?

Ngemil Nggak Bakalan Bikin Kamu Gemuk Kok?

Banyak orang yang menganggap kebiasaan ngemil menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan. Nggak heran kalau banyak orang yang menghindari kebiasaan ini. Bahkan bagi orang yang sedang menjalani program diet, ngemil dianggap sebagai hal “terlarang” yang nggak boleh dilakukan.

Namun sebenarnya ngemil itu juga punya banyak manfaat loh Toppers, salah satunya untuk memberikan asupan energi untuk menjalani aktivitas harian kamu. Ngemil nggak bakalan bikin kamu gemuk kok asal dilakukan dengan cara yang benar. Lalu seperti apa sih cara ngemil yang benar dan nggak bikin berat badan kamu naik? Daripada penasaran, langsung aja simak caranya di bawah ini yuk! 😀

Ngemil sebelum dan sesudah olahraga

Ngemil sehat bisa kamu lakukan sebelum dan juga setelah berolahraga. Makan sebelum berolahraga akan memberi kamu cukup energi untuk melakukan latihan, dan kalori yang masuk ke dalam tubuh kamu bersama makanan pun akan lebih mudah dibakar. Sedangkan makan sesudah melakukan olahraga bisa mengganti energi yang terkuras dan juga membentuk jaringan otot. Tapi jangan lupa pula untuk memperhatikan porsi makanan ringan yang kamu santap yah, Toppers.

Baca Juga :   Penyebab Asfiksia yang Harus Diwaspadai

Tutup mata pada gorengan dan junk food

Cemilan seperti gorengan dan junk food lah yang sebenarnya membuat berat badan kamu cepat naik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari ngemil gorengan dan junk food yah Toppers. Selain bisa menambah lipatan lemak di tubuh kamu, kedua makanan itu juga bisa mengganggu kesehatan jantung dan organ pencernaan penting lainnya.

Ngemil malam boleh saja, asal….

Banyak pendapat yang bilang kalau ngemil di malam hari terutama sebelum tidur, bisa bikin berat kamu cepat naik. Tapi pendapat tersebut nggak sepenuhnya benar loh Toppers. Kalau kamu ngemil dengan cara yang tepat, berat badan kamu nggak bakalan naik kok. Lalu gimana cara ngemil yang tepat di malam hari? Caranya gampang banget, kamu cukup menghindari makanan yang tinggi akan karbohidrat dan menggantinya dengan makanan berserat seperti buah-buahan. Jadi kalau tiba-tiba rasa lapar melanda di malam hari, kamu nggak perlu takut lagi untuk ngemil.

Baca Juga :   Efek Samping Cuci Darah yang Perlu Diketahui

Jangan ngemil sambil nonton dan kerja

Mungkin selama ini kamu menganggap nonton belum lengkap kalau nggak ditemani sama cemilan. Nah ini dia salah satu kebiasaan ngemil yang harus kamu hentikan. Karena ngemil saat menonton televisi ataupun melakukan pekerjaan lainnya justru akan membuat kamu terus-terusan memasukkan makanan ke dalam mulut, tanpa menyadari sudah seberapa banyak kalori yang kamu konsumsi. Jika ingin ngemil, sebaiknya ngemil lah di saat kamu bersantai dan tanpa melakukan aktivitas lain. Ataupun jika ingin ngemil saat bekerja, hentikan pekerjaan kamu sejenak untuk ngemil. Setelah selesai ngemil, kamu bisa kembali melanjutkan pekerjaan.

Pilih cemilan yang sehat

Cermat dalam memilih cemilan yang akan masuk ke mulut kamu juga wajib untuk kamu lakukan. Jangan asal memilih makanan yang hanya membuat perut kamu kenyang, tapi perhatikan juga manfaat dan nilai gizi yang akan kamu peroleh dari makanan tersebut. Makanan ringan yang kaya akan serat seperti agar-agar, salad sayur dan buah, serta yogurt bisa menjadi pilihan cemilan sehat yang bisa mengenyangkan perut kamu. Selain itu, makanan yang rendah kalori seperti cokelat hitam, kacang-kacangan dan keripik yang terbuat dari buah-buahan juga bisa menjadi alternatif cemilan sehat kamu.

Baca Juga :   Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Napas saat Tidur

Minum banyak air putih

Pernah mendengar pernyataan ini “kalau mau langsing, banyakin minum air putih aja”. Ternyata pernyataan tersebut bukan hanya mitos loh Toppers, faktanya air putih memang dapat membantu penurunan berat badan atau setidaknya mencegah kenaikan berat badan. Nah salah satu cara ngemil yang benar adalah dengan banyak minum air putih setelah makan makanan ringan. Karena selain bisa membuat kamu lebih kenyang dan menetralisir rasa lapar, banyak minum air putih juga bisa meningkatkan metabolisme yang berperan dalam pembakaran lemak dan penurunan berat badan.