Minuman & Makanan Khas Jakarta yang Populer

Makanan Khas Jakarta
Makanan Khas Jakarta

Selain untuk berbagai kepentingan, ataupun liburan mengunjungi sebuah kota di Indonesia juga bisa untuk wisata kulineran. Ragam kuliner nusantara memang selalu menarik untuk dijajal karena pastinya memiliki ciri khas. Ibu kota Jakarta menjadi kota tersibuk yang ternyata dibalik sibuknya juga menawarkan berbagai kuliner yang menggugah. Makanan serta minumannya tentunya khas dan wajib untuk dicoba. Yuk simak ulasan berikut.

  1. Soto Betawi

Indonesia memang kaya akan cita rasa hingga soto setiap daerah ada. Soto khas Betawi misalnya yang ditambahkan santan dengan isian daging sapi lengkap dengan jeroannya. Penggemar soto betawi sangatlah banyak karena rasa gurih dan segar yang tak terlupakan. Soto betawi biasanya juga dilengkapi dnegan emping melinjo yang membuat rasanya makin pas. Tak heran jika selain di Jakarta juga bisa menemukan soto yang kaya rasa ini.

  1. Kerak Telor
Baca Juga :   Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru, Kekinian & Hits Dikunjungi

Menyebut kerak telor maka kota Jakarta yang menyertainya. Hidangan khas dari suku betawi ini memiliki cita rasa gurih dengan cara memasak yang unik. Kerak Telor berbahan beras ketan, telur bebek atau ayam, ebi, bawang goreng dan juga serundeng. Cara memasaknya dengan menggunakan tungku yang telah diisi arang panas. Telur terlebih dahulu dimasak setengah matang kemudian dibalik wajannya. Setelah itu dibiarkan hingga jadi kerak.

  1. Semur Jengkol

Semur Jengkol menjadi makanan khas dari kota Jakarta yang terkenal dengan baunya yang tajam. Sehingga banyak orang yang engan untuk mengkonsumsi makanan satu ini. Tetapi ada juga yang menjadi penggemar berat makanan satu ini. Jengkol biasanya dilah dengan bumbu dan rempah yang khas sehingga membuatnya semakin nikmat. Apalagi jika disandingkan dengan nasi putih hangat atau nasi uduk.

  1. Nasi Uduk Betawi
Baca Juga :   Tempat Makan di Jakarta Paling Enak & Murah

Nasi uduk menjadi kuliner khas Jakarta yang tak boleh dilewatkan selanjutnya. Nasi yang dimasak dengan santan dan rempah khusus membuat nasi ini memiliki rasa yang berbeda. Nasi uduk biasanya disandingkan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, lalapan, sambal dan jangan lupakan taburan ayam goreng.

  1. Asinan Betawi

Asinan Betawi biasanya merupakan campuran berbagai sayuran seperti kol, tahu putih, selada dan juga sawi. Kemudian disiram dengan kuang kacang yang dicampur dengan cabai dan cuka. Jangan lupa untuk taburan krupuk mie besar yang membuatnya semakin meriah dan bewarna. Selain sehat, makanan satu ini juga memiliki rasa yang segar dan juga lezat.

Baca Juga :   Tempat Wisata di Solo Terbaru & Terhits Dikunjungi