Mengenal Fungsi Tulang Jari Tangan dan Gangguan yang Bisa Terjadi

Ada berbagai fungsi tulang jari tangan yang mampu menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari. Namun, ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat mengganggu fungsi tulang ini sehingga berbagai aktivitas pun menjadi sulit dilakukan.

Tangan manusia tersusun dari dua jenis tulang, yaitu tulang telapak tangan dan tulang jari tangan. Dari kedua jenis tulang penyusun tangan, tulang jari tangan memiliki jumlah paling banyak.

Setiap jari memiliki 3 buah tulang jari, kecuali ibu jari yang hanya tersusun atas 2 buah tulang. Artinya, tangan tersusun oleh 14 tulang jari yang memiliki berbagai fungsi penting. Bila ada kelainan pada salah satu dari tulang ini, fungsi tulang jari tangan juga bisa terganggu.

Fungsi Tulang Jari Tangan

Secara umum, ada beberapa fungsi tulang jari tangan, yaitu:

  1. Membentuk struktur tangan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa struktur tangan dibentuk oleh beberapa jenis tulang, salah satunya tulang jari tangan. Dapat disimpulkan bahwa salah satu fungsi tulang jari tangan adalah untuk membentuk struktur tangan yang sempurna.

  1. Sebagai tempat melekatnya ligamen

Setiap jari tangan tersusun atas 2–3 tulang. Untuk membentuk struktur jari yang sempurna, tulang-tulang ini dihubungkan oleh ligamen atau jaringan halus yang menempel langsung di tulang. Selain melekatkan tulang-tulang jari tangan, ligamen juga menyatukan tulang jari tangan ke tulang telapak tangan.

  1. Mendukung pergerakan tangan

Tulang jari tangan juga dapat mendukung berbagai gerakan, seperti mengepalkan tangan serta melebarkan dan merapatkan jari. Tanpa disadari, berbagai gerakan di atas sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya saat mendorong, mengambil, maupun menggenggam benda.

  1. Menjaga kestabilan tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tulang jari tangan mampu melakukan gerakan merapat dan melebar. Gerakan melebarkan jari tangan dapat menjaga kestabilan tubuh ketika sedang melakukan gerakan tertentu yang menumpukan berat badan ke tangan, misalnya gerakan push up atau merangkak.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.