Mengenal Fungsi Tulang Jari Kaki

Sebagian orang mungkin belum mengetahui fungsi tulang jari kaki. Padahal, tulang jari kaki memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Jika fungsinya tidak dijaga dengan baik, tulang jari kaki berisiko mengalami cedera atau gangguan bentuk.

Tulang jari kaki terdiri dari dua jenis, yaitu tulang falang dan metatarsal. Falang merupakan sekelompok tulang panjang dan berukuran kecil yang membentuk jari-jari kaki. Pada satu kaki terdapat 14 tulang falang, yaitu 2 tulang di jempol kaki dan 3 tulang di setiap 4 jari lainnya.

Sementara itu, metatarsal merupakan bagian tulang jari kaki yang lebih panjang daripada falang. Pada satu kaki, terdapat 5 tulang metatarsal yang memanjang dari pangkal setiap jari kaki dan terhubung ke falang. Selain menjaga keseimbangan tubuh, ada beberapa fungsi tulang jari kaki lainnya yang perlu diketahui.

Berbagai Fungsi Tulang Jari Kaki

Berikut ini adalah berbagai fungsi tulang jari kaki yang perlu Anda ketahui:

  1. Menopang tubuh

Salah satu fungsi tulang jari kaki adalah menopang tubuh. Untuk mendukung fungsi ini, tulang jari kaki dibantu dengan berbagai tulang kaki lainnya yang berukuran lebih besar dan kuat, mulai dari tulang paha, pergelangan kaki, hingga tumit.

  1. Membantu otot dalam menggerakkan jari-jari kaki

Bersama dengan jaringan ikat, seperti ligamen dan tendon, tulang jari kaki juga berfungsi untuk membantu otot dalam menggerakkan jari-jari kaki. Dengan begitu, jari-jari kaki bisa digerakkan, baik ditekuk ke atas maupun ke bawah.

  1. Memberikan keseimbangan saat berjalan

Fungsi tulang jari kaki selanjutnya adalah memberikan keseimbangan saat berjalan. Fungsi ini lebih tepatnya didukung oleh tulang metatarsal yang berbentuk panjang dan sedikit melengkung ke atas. Lengkungan jari kaki ini berfungsi agar tubuh bisa stabil saat berjalan.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.