Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesehatan
Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesehatan

Olahraga zumba adalah senam yang memadukan antara tarian salsa dan gerakan aerobik dengan iringan musik. Sebenarnya, tidak ada gerakan khusus dalam latihan ini. Sebab, tujuan utama senam zumba adalah menggerakan seluruh anggota tubuh dengan irama musik.

Nah, olahraga yang satu ini dianggap efektif untuk membakar banyak lemak. Sebab, gerakan-gerakannya cenderung intens dan tanpa henti. Berikut sederet manfaat olahraga zumba untuk kesehatan.

Manfaat Olahraga Zumba untuk Kesehatan Tubuh
Senam zumba banyak diminati oleh kalangan anak muda. Sebab, latihan ini diiringi oleh musik sehingga terasa menyenangkan.

Nah, berikut sederet manfaatnya untuk kesehatan:

  1. Membakar kalori dan lemak
Baca Juga :   Xavi: Pelatih Mana Sih yang Gak Mau Ngelatih Messi?

Studi pada 2012 menemukan bahwa senam zumba selama 39 menit rata-rata membakar 9,5 kalori per menit. Jadi, total kalori yang kamu bakar bisa mencapai 369 kalori.

American Council on Exercise merekomendasikan agar setiap orang membakar 300 kalori per latihan untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

  1. Membangun daya tahan tubuh

Irama musik yang digunakan dalam kelas zumba cenderung bertempo cepat. Nah, mengikuti irama dapat membantu membangun daya tahan jika dilakukan secara rutin.

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengikuti program zumba selama 12 minggu mengoptimalkan detak jantung dan tekanan darah sistolik. Hal tersebut berkaitan erat dengan peningkatan ketahanan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular
Baca Juga :   Deretan Olahraga Indoor yang Dijamin Asik dan Seru Banget

Sistem kardiovaskular mencakup, jantung, pembuluh darah, dan komponen darah. Menurut Journal of Sports Science and Medicine, mereka yang rutin melakukan olahraga zumba memiliki sistem kardiovaskular yang sehat.

  1. Penurunan tekanan darah

Penelitian yang melibatkan sekelompok wanita obesitas menemukan bahwa mereka yang mengikuti program zumba selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah dan penurunan berat badan yang signifikan.

  1. Mengurangi nyeri

Zumba ternyata juga bisa menurunkan nyeri dan masalah persendian. Efek ini akan semakin terasa setelah kamu berlatih selama 12 minggu atau sekitar tiga bulan secara rutin.

  1. Meningkatkan kualitas hidup
Baca Juga :   Jenis Olahraga untuk Diet agar Badan Cepat Ramping

Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, zumba ternyata juga punya manfaat sosial. Sebab, latihan ini umumnya dilakukan secara berkelompok. Alhasil, proses sosialisasi ini bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Selain kualitas hidup, latihan ini ternyata juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini bisa membantu kamu dalam mengatasi kecemasan dan gangguan perilaku. Saat mendapati tubuh lebih bugar, tentu kepercayaan diri dapat meningkat.