Manfaat Minum Air Putih Sehari-Hari

Manfaat Minum Air Putih Sehari-Hari
Manfaat Minum Air Putih Sehari-Hari

Minum air putih sudah terkenal sebagai salah satu kebiasaan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Apalagi jika Kamu melakukannya dengan rutin dan sesuai dengan kebutuhan. Yuk, pelajari lebih dalam manfaat kebiasaan minum air putih sehari-hari!

Cara menghitung kebutuhan minum air putih manusia:
Sebelum menggali lebih dalam manfaat minum air putih, ada baiknya Kamu mengetahui dahulu kebutuhan air putih sehari-hari.

Perbedaan proporsi tubuh dan juga aktivitas tentu membuat kebutuhan konsumsi air putih setiap orang berbeda. Berikut rumus sederhana menghitung kebutuhan minum air putih manusia:

KG berat badan X 30 ML air putih

Jadi, jika Kamu memiliki berat badan 55 KG, artinya kebutuhan minum air putih kamu adalah 1650 ML atau sekitar 1,65 liter per hari.

Rumusnya adalah per kilogram berat badan dikali 30 ml, hasilnya jumlah cc air yang dibutuhkan. Jika sampai kurang dari kebutuhan tersebut, Kamu bisa saja mengalami dehidrasi yang berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh.

Manfaat Minum Air Putih

  1. Menjaga fungsi ginjal
    Setiap harinya ginjal memproses tak kurang dari 200 liter darah. Ginjal menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kantung kemih. Mengonsumsi minuman yang memiliki perasa dan pewarna tentu akan memperberat kerja dari ginjal. Untuk itu, mulailah mengonsumsi air putih untuk menjaga ginjal dan membantu kerja ginjal membersihkan racun yang ada pada tubuh.
  2. Menjaga konsentrasi
    Sulit fokus? Kurang konsentrasi? Mungkin Kamu sedang kekurangan minum air putih. Kebutuhan minum air putih yang kurang akan mengganggu kerja dan fungsi otak sehingga akan membuatmu sulit fokus dan berkonsentrasi. Jadi, jika kamu sudah mulai susah fokus, segelas air putih mungkin bisa jadi solusinya.
  3. Menghilangkan racun
    Konsumsi air putih yang cukup akan membantu proses pengeluaran racun yang ada pada tubuh, baik itu melalui urin ataupun keringat. Jadi, selalu sempatkan dirimu untuk minum air putih sebelum memulai aktivitas sehari-hari, ya!
  4. Baik untuk metabolisme tubuh
    Mengonsumsi air putih saat perut kosong akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh hingga 24%. Dengan meningkatnya sistem metabolisme, tentu sistem pencernaan akan bekerja lebih baik, termasuk juga dalam menyerap nutrisi dari makanan yang Kamu konsumsi.
  5. Baik untuk diet
    Karena metabolisme dan sistem pencernaan lebih lancar, tentu semua makanan jadi bisa dicerna lebih cepat yang artinya kamu nggak perlu khawatir jika lemak dan kolesterol jadi menumpuk di tubuh. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membuat tubuhmu merasa kenyang sehingga kebiasaan makan berlebih juga bisa berkurang. Kebiasaan minum air putih adalah salah satu siasat tepat untuk membantu diet-mu.
  6. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
    Kekurangan cairan tubuh, dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit lebih cepat keriput. Konsumsi air putih yang cukup juga akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga kulit jadi lebih segar dan bersinar. Minum air putih akan membantu Kamu menjaga kecantikan kulit.
  7. Baik untuk pertumbuhan rambut
    Rambut kering dan suka rontok? Mungkin hal ini disebabkan kamu kurang meminum air. Faktanya, air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut. Artinya semakin kurang asupan air, rambut akan jadi lebih rapuh dan helaiannya lebih tipis. Yuk, mulai biasakan minum air putih untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut.
  8. Menjaga stamina dan energi
    Semua sel tubuh termasuk otak memerlukan air agar dapat bekerja maksimal. Kurangnya cairan tubuh akan membuat kamu jadi lebih cepat lelah dan merasa tak berenergi.
  9. Melancarkan pencernaan
    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, metabolisme akan semakin lancar jika kamu minun air putih sesuai kebutuhan. Sistem pencernaan yang jadi semakin lancar juga akan membuatmu terhindar dari berbagai masalah pencernaan mulai dari sembelit hingga permasalahan pencernaan lainnya.
  10. Mengatur suhu tubuh
    Suhu tubuh kita terpengaruh oleh beberapa faktor. Seperti saat ber-olahraga atau cuaca terik, tentu tubuh menjadi lebih panas. Minum air putih yang cukup akan membantu suhu tubuh untuk jadi lebih stabil.
  11. Mencegah bau mulut
    Salah satu gejala kurangnya cairan tubuh adalah bau mulut yang tak sedap. Minum air putih akan membersihkan mulut dari bakteri dan mengatur kelembaban rongga mulut. Jadi, minum air putih secukupnya ya jika Kamu nggak mau terkena masalah bau mulut yang tak sedap.
Baca Juga :   Manfaat Bersepeda: Imun Kuat, Langsing hingga Bikin Happy