Manfaat Menyusui Langsung Bagi Bunda dan Si Kecil

Manfaat Menyusui – Keinginan setiap ibu pasti untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, salah satunya adalah dengan menyusui langsung. Jadi sebenarnya manfaat apa saja sih yang dibawa menyusui terhadap anak dan ibu? Langsung cek 7 manfaat menyusui di bawah ini, yuk!

Manfaat Menyusui Langsung

Mencegah kanker payudara

Manfaat menyusui selain memberi asupan nutrisi yang tepat bagi bayi juga merendahkan kemungkinan ibu untuk terkena kanker payudara. Ini disebabkan selama menyusui, ibu mengalami pergantian hormon dan menunda siklus menstruasi, yang berarti asupan estrogen pun berkurang. Estrogen adalah hormon yang dapat menciptakan pertumbuhan sel kanker payudara.

Mendekatkan anak dan ibu

Aktivitas menyusui yang rutin akan mendorong ikatan yang lebih dekat antara ibu dan anak berkat kontak fisik yang konstan. Salah satu manfaat menyusui bagi bayi adalah ia akan merasa aman didekapan ibu sehingga membentuk kematangan psikologis saat besar nanti.

Mencegah obesitas

Nah, ini adalah salah satu manfaat menyusui terbesar.Menurut penelitian, bayi yang diberi ASI selama 6 bulan pertama memiliki pola makan yang lebih baik saat besar nanti. Dan ASI dapat membakar hingga 400 kalori per hari tergantung seberapa sering anak menyusui, sehingga berat badan ibu saat hamil cepat turunnya.

Mempercepat pemulihan setelah persalinan

Tidak sedikit ibu yang sehabis melahirkan mengalami depresi postpartum. Zat oksitosin yang dilepas saat menyusui mempercepat rahim untuk berkontraksi dan mengurangi pengeluaran darah setelah melahirkan. Selain itu, rahim juga akan kembali ke ukuran semula lebih cepat dengan menyusui.

Tulang yang lebih kuat

Pembentukan tulang di bayi dapat dipercepat dengan konsumsi ASI teratur. Selain tulang, manfaat menyusui termasuk terhindar dari berbagai macam penyakit mulai dari diare hingga asma. Tidak hanya bayi, tulang ibu pun turut menjadi lebih kuat berkat serapan kalsium yang lebih besar.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.