Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan, Atasi Rematik hingga Diabetes

Manfaat Kumis Kucing – Sebagian dari Kamu mungkin sudah tidak asing dengan tanaman kumis kucing, namun ada juga yang masih bingung apa itu tanaman kumis kucing, apalagi khasiat dari kumis kucing. Dilansir dari Wikipedia, tanaman kumis kucing yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus termasuk ke dalam tanaman dari famili Lamiaceae atau Labiatae.

Manfaat kumis kucing untuk mengobati berbagai penyakit menjadikan tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai obat-obatan herbal alami. Tanaman kumis kucing tumbuh subur di Indonesia hingga daratan Tiongkok dan beberapa wilayah di Australia.

Lalu, apa saja manfaat kumis kucing untuk kesehatan? Mulai dari rematik hingga diabetes, inilah manfaat kumis kucing yang teramat luar biasa.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

  1. Menyembuhkan masalah pernafasan
    Manfaat kumis kucing yang pertama ditujukan bagi para penderita masalah pernafasan seperti asma. Obat-obatan pernafasan sering dicampurkan dengan tanaman herbal seperti kumis kucing, terbukti efektif dalam mengatasi permasalahan pernafasan.
  2. Meringankan batuk
    Penyakit yang menyerang tenggorokan dan saluran pernafasan, batuk, dapat diatasi oleh kumis kucing karena tanaman ini mengandung zat anti bakteri sehingga dapat membantu membunuh kuman di tenggorokan dan berperan sebagai obat batuk alami.
  3. Anti jamur
    Terdapat senyawa anti jamur pada tanaman kumis kucing yang membantu mencegah perkembangan parasit dan zat asing lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing yang satu ini dapat dirasakan oleh penderita infeksi jamur sekalipun sudah mengalami peradangan.

Senyawa anti jamur dari kumis kucing memotong suplai nutrisi jamur sehingga mereka tidak mampu berkembang biak sempurna.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Kandungan zat kimia tanaman kumis kucing membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Konon, dipercaya bahwa antioksidan dan anti peradangan yang dibawa oleh tanaman kumis kucing bermanfaat untuk kesehatan orang tua terkhusunya penderita darah tinggi. Zat kimia methylripariochromene dapat mengurangi tekanan darah sistolik pada tikus.
  2. Menyembuhkan gagal ginjal
    Khasiat tanaman kumis kucing yang terkenal di Indonesia adalah kemampuannya dalam menyembuhkan penyakit menyeramkan gagal ginjal. Berbagai jamu dan obat herbal berbahan dasar tanaman kumis kucing tersedia dan membuat khasiat dari kumis kucing dipercaya mampu mengobati gagal ginjal secara efektif.
  3. Membantu detoksifikasi
    Manfaat Kumis Kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Teh Jawa merupakan minuman herbal yang dimanfaatkan untuk membantu membersihkan racun dan kuman dari dalam tubuh. Minuman herbal tersebut dibuat dari tanaman kumis kucing yang dipadukan dengan berbagai rempah lain.
Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.