Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Keseharianmu!

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Keseharianmu!
Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Keseharianmu!

Manfaat Kopi – Kopi terkenal sebagai minuman yang bisa membuatmu terjaga. Kopi selalu menjadi teman setia setiap Toppers bergadang. Lebih dari itu, kini minum kopi juga menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, nggak cuma bantu buat dirimu terjaga, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat, lho.

Manfaat kopi sendiri bervariasi, mulai dari untuk kesehatan hingga kecantikan. Yuk, cari tahu lebih banyak manfaat minum kopi bagi keseharianmu!

Manfaat Minum Kopi

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Diabetes

Kopi mengandung senyawa yang mampu menghambat hIAPP yang merupakan polipeptida pemicu munculnya serat protein abnormal yang memicu Diabetes. Kasus protein tidak normal seperti ini banyak ditemukan pada Diabetes tipe 2. Kromium dan Magnesium dalam kopi juga bisa berperan untuk memperkecil resiko penyakit diabetes tipe 2.

Namun, tentu manfaat kopi ini baru akan terasa untuk Toppers penggemar kopi tanpa gula. Jika Toppers masih menggunakan gula, resiko diabetes tetap akan ada.

  1. Baik untuk penderita Parkinson
Baca Juga :   Tubektomi, Ini yang Harus Anda Ketahui

Parkinson adalah penyakit dimana penderita akan mengalami penurunan kemampuan saraf akibat matinya saraf penghasil dopamin di otak. Parkinson sendiri tidak dapat disembuhkan namun dapat diminimalisir dampaknya. Beberapa penelitian mengungkapkan meminum kopi akan menurunkan resiko Parkinson hingga 50%. Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopilah yang dianggap mampu mencegah penyakit parkinson.

  1. Menurunkan resiko kanker

Manfaat kopi bagi kesehatan selanjutnya adalah peranan kopi dalam mencegah kanker. Mulai dari kanker prostat hingga kanker usus. Meski belum terbukti 100%, kopi sendiri termasuk bahan alami yang mengandung antioksidan yang memang merupakan zat anti-kanker.

  1. Mencegah alzeimer dan demensia

Beberapa penelitian lainnya mengenai kopi juga mengungkapkan bahwa orang yang meminum kopi, khususnya wanita, akan mengalami penurunan resiko Alzheimer dan Demensia bahkan hingga 60%.

  1. Menurunkan resiko stroke dan penyakit hati

Terdapat mitos yang mengatakan bahwa mengonsumsi kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menimbulkan penyakit hati. Faktanya, kopi justru mampu menjauhkan penyakit hati. Minum kopi mampu mencegah sclerosing cholangitis (PSC), gangguan auto-imun yang bisa menyebabkan sirosis hati, gagal hati, bahkan kanker.

Baca Juga :   Mengenal Serba Serbi Dokter Bedah Plastik

Nggak cuma itu, beberapa peneliti juga mengungkapkan bahwa ortang yang rutin minum kopi memiliki resiko terkenal stroke yang lebih rendah hingga 20%. Namun, untuk yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, mengonsumsi kopi memang harus dibatasi karena bisa memicu meningkatnya tekanan darah, meski dampaknya hanya kecil (sekitar 3-4 mm/Hg).

  1. Mencegah gigi berlubang

Manfaat kopi selanjutnya menyangkut kesehatan rongga mulut, khususnya gigi. Mengonsumsi kopi pahit tanpa gula dan susu mampu membunuh bakteri yang tertinggal di gigi sehingga mampu mencegah datangnya gigi berlubang.

  1. Baik untuk kesehatan mulut

Karena memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Tidak hanya mencegah gigi berlubang saja, kopi juga bermanfaat menghilangkan plak dan menjauhkanmu dari infeksi gusi. Lebih jauh, manfaat kopi pada kesehatan rongga mulut bahkan bisa sampai menjauhkanmu dari resiko terkena kanker mulut.

  1. Mencegah Batu Empedu
Baca Juga :   Beberapa Hal yang Membuat Diet Kamu Selalu Gagal

Pada tahun 2012, peneliti dari Harvard mengemukakan sebuah fakta bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari, memiliki resiko 25% lebih rendah untuk terkena penyakit batu empedu. Hal ini juga berlaku sama dengan pria. Nggak menduga bukan jika manfaat kopi bahkan sampai pada mencegah adanya batu empedu?

  1. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kafein dalam kopi mampu merangsang metabolisme tubuh sehingga metabolisme tubuh akan jadi lebih lancar. Untuk orang yang mengalami obesitas, kopi akan membantu memperbesar oksidasi lemak sehingga tentu akan membantu membuang kolesterol dan lemak jahat lebih cepat.

  1. Mencegah sakit Encok

Mengonsumsi kopi secara rutin dalam jangka waktu tertentu juga bisa Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.