Manfaat Kemiri: Atasi Sakit Gigi, Insomnia hingga Rambut Rontok

Manfaat Minyak Kemiri – Minyak kemiri sudah populer dengan manfaatnya untuk perawatan rambut. Minyak ini sendiri dihasilkan dari ekstrak biji kemiri. Seperti yang diketahui, ini adalah salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Selain untuk masakan, kemiri merupakan tumbuhan yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Biji kemiri mengandung lebih dari 60% kandungan minyak. Karena itu lah, pengolahan biji kemiri umumnya dilakukan untuk menghasilkan minyak.

Manfaat / Khasiat Minyak Kemiri

  1. Obati Sakit Gigi dan Sariawan

Memang, bahan ini dikenal karena banyak memberi manfaat pada produk kecantikan rambut. Tapi ternyata, kemiri juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi dan sariawan, lho

Cara memanfaatkannya mudah. Ambil kapas untuk dibasahi dengan minyak kemiri, tempelkan pada gusi atau sariawan yang terasa nyeri selama 10 menit. Ganti dengan kapas baru, ulangi hingga beberapa kali.

  1. Obat Diare

Untuk mengobati diare dengan minyak kemiri, sediakan 20 gram (gr) kulit pohon kemiri kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk sampai halus. Rebus dengan 600 centimetre cubic (cc) air hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, kemudian saring. Minum air rebusan tersebut setiap pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 150 cc.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah sejenis penyakit yang membuat kamu sulit tidur. Penyakit ini bisa disebabkan oleh depresi, banyak pikiran, dan ketakutan. Tetapi dengan minyak kemiri kamu bisa mengatasinya.

Karena kemiri memiliki melatonin yang akan membuat kamu lebih rileks dan cepat tertidur.

  1. Turunkan Demam Anak

Jika anak sedang demam kamu jangan khawatir, Kamu. Dengan tambahan 15 gram akar pulutan, dan sedikit minyak kemiri, demam anak bisa turun. Cara memanfaatkannya juga tida sulit.

Ambil 15 gr akar pulutan, minyak kemiri, wajan, air, dan gelas. Rebus semua bahan dan minyak kemiri dengan air. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam gelas. Berikan kepada anak yang sedang demam.

  1. Untuk Relaksasi

Minyak kemiri bisa kamu jadikan seperti minyak herbal lainnya yang dapat digunakan sebagai obat gosok untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Cara penggunaan pun sama dengan minyak herbal lainnya.

Cukup digosokkan ke bagian tubuh yang mungkin sering terasa sakit dan pegal. Bahan ini cocok bagi kamu yang memiliki aktivitas berat seharian penuh atau sangat sibuk di kantor.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.