Manfaat Buah Matoa, Buah Lezat dan Eksostis Asal Papua

Manfaat Buah Matoa – Pernahkah kamu menemukan buah matoa di sekitarmu? Atau bahkan kamu belum pernah melihat seperti apa bentuknya? Mungkin kamu akan sangat jarang atau malah tidak akan pernah melihat tanaman matoa.

Buah matoa adalah buah asal tanah Papua yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah matoa atau bernama ilmiah Pometia pinnata ini merupakan salah satu buah asli Indonesia yang keberadaannya terbilang langka.

Buah yang berada dalam kelompok famili Sapindaceae ini berdekatan dengan buah leci dan buah maple. Rasa yang dihasilkan oleh buah matoa ini terasa seperti buah rambutan juga leci, dengan tekstur yang manis dan berair.

Matoa sendiri memiliki pohon dengan panjang batang pohon mencapai 20 meter. Buah yang berbentuk lonjong seperti buah sawo ini hanya berbuah pada Juli sampai Oktober saja setiap tahun.

Nah, lalu apa saja kandungan dan manfaat buah matoa untuk kesehatan? Simak uraiannya berikut ini!

Khasiat / Manfaat Buah Matoa

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah matoa yang pertama adalah menurunkan resiko kanker. Khasiat buah matoa ini berasal dari tingginya kandungan antioksidan pada buah matoa sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

Antioksidan dibantu dengan vitamin C untuk menghalau zat karsinogen yang mudah menyerang tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Beredarnya suplemen daya tahan tubuh tidak cukup bila tidak dibarengi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin C ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu lho, Toppers.

Kamu jadi tidak mudah sakit dan lemas sehingga bisa melakukan aktivitas mu secara optimal.

  1. Mengatasi Jantung Koroner

Khasiat buah matoa yang lainnya adalah mengatasi jantung koroner. Kandungan vitamin E dan C pada buah matoa membuat buah ini mampu membantu tubuh mengatasi penyakit jantung koroner.

Vitamin E dan C ini berperan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan fungsi pembuluh darah juga meningkatkan aliran darah.

  1. Menekan Pertumbuhan Infeksi Virus Berbahaya

Melawan virus berbahaya bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk itu, diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kandungan buah matoa yang kaya akan vitamin C dan antioksidan mampu menekan pertumbuhan infeksi virus berbahaya seperti flu, herpes, bahkan HIV.

  1. Mengatasi Stres

Manfaat mengkonsumsi buah matoa yang dapat kamu rasakan adalah mengatasi stress. Buah matoa mengandung vitamin E dan senyawa lainnya yang mampu digunakan sebagai obat penenang alami. Dengan begitu stress yang kamu rasakan dapat teratasi.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.