Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan!

Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan!
Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan!

Manfaat Buah Gowok – Pernah mendengar kata “gowok”? Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata tersebut? Kebanyakan pasti langsung berkata Gowok adalah sebuah kota di Yogyakarta. Tapi ternyata, ini juga merupakan buah asli dari Indonesia.

Buah gowok atau kupa ini berbentuk bulat mirip buah blueberry, namun dengan warna lebih gelap keunguan. Saat ini, buah gowok masuk ke dalam kategori buah yang sulit ditemukan. Keberadaannya yang semakin sedikit membuatnya kalah bersaing dengan buah-buahan impor yang tersebar di pasaran.

Buah kupa sendiri merupakan buah yang masih berkerabat dengan buah jamblang. Umumnya pohonnya tinggi menjulang berkisar 8-20 meter. Buah ini dulunya sering diperdagangkan. Tak jarang, buah gowok atau buah kupa ini dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga :   Obat Kutil di Leher yang Paling Ampuh

Konon, buah yang terkenal karena rasanya yang masam ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut karena buah gowok mengandung nutrisi diantaranya adalah vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya.

Bukan hanya buahnya saja, tanaman gowok pun mengandung saponin dan flafonoida juga polifenol yang mampu mengobati peradangan. Nggak percaya? Yuk, simak manfaat buah gowok atau kupa selengkapnya!

Manfaat Buah Gowok / Kupa

  1. Mengobati Diare

Meski banyak tanaman herbal maupun obat yang mampu mengatasi masalah diare, tetapi kamu juga wajib mencoba buah gowok untuk mengatasi diare. Daun ini memiliki manfaat mengobati diare karena mengandung saponin.

Baca Juga :   Atasi Obesitas dengan Operasi Bariatrik, Ini Manfaatnya

Selain itu, buah gowok mengandung vitamin dan mineral yang ampuh membasmi bakteri akibat diare, sehingga mudah mengatasi diare dengan cepat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Adanya kandungan antioksidan dan vitamin C dalam buah gowok, memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah gowok membantu mencegah penuaan dini dari sel-sel kulit yang mati akibat polusi dan radikal bebas.

  1. Mengobati Kudis

Manfaat buah gowok selanjutnya adalah mengobati kudis. Memang kudis tidak termasuk ke dalam golongan penyakit mematikan. Tetapi keberadaan kudis pada tubuh dapat menimbulkan rasa gatal yang dapat mengganggu aktivitas.

Baca Juga :   Skrining Sifilis dan Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui

Gunakan daun buah gowok untuk mengobati kudis dengan cara ditumbuk halus lalu oleskan.

  1. Membasmi Jerawat

Kandungan buah gowok yang kaya akan vitamin dan mineral ini sangat jarang dimanfaatkan untuk mengobati masalah jerawat. Padahal, buah gowok mampu menghalau juga mengatasi munculnya jerawat.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah gowok secara rutin juga akan menghaluskan kulit wajahmu lho Toppers.

  1. Kaya Akan Antioksidan

Buah gowok menjadi sumber antioksidan tinggi yang mampu menjaga dari radikal bebas. Antioksidan yang tinggi ini akan membantu membunuh sel-sel usang agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya.