Manfaat Bermain Biola untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bermain Biola untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bermain Biola untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu bahwa memainkan alat musik, termasuk biola, dapat memperkuat ingatan dengan mengoptimalkan kerja kedua sisi otak? Selain itu, studi dalam Frontiers in Psychology menyebutkan, memainkan alat musik dapat meningkatkan penalaran spasial, memori verbal, dan keterampilan literasi.

Melihat dari manfaat tersebut, kamu bisa menyimpulkan bahwa memainkan alat musik adalah pilihan yang baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dengan bermain biola? Benarkah alat musik gesek ini dapat memengaruhi kesehatan fisik maupun mental?

Mengenal Alat Musik Biola

Biola merupakan jenis instrumen musik yang sudah ada sejak lama. Alat musik ini memiliki nama lain ravanastron dengan satu senar berukuran 22 inci yang membentang tiga oktaf.

Meskipun kamu akan menemukan alat musik gesek bersejarah dengan mudah pada banyak negara dengan banyak nama, sebenarnya permainan biola modern baru mulai populer sekitar tahun 1520.

Awal mula biola kembali ke negara Italia, tempat kamu bisa menemukan lukisan dengan alat musik ini. Lukisan tersebut berupa mural dari tahun 1535 yang menggambarkan sebuah biola pada Saronno Cathedral.

Daerah ini menjadi tempat yang baik untuk pengembangan biola karena kualitas kayunya. Para luthier yang menghuni Brescia menjadi pelopor pertama pembuat alat musik gesek biola berkualitas tinggi.

Baca Juga :   Mengenal Fungsi Tulang Jari Kaki

Sekitar abad ke-16, desain biola mulai berubah. Tak sedikit orang meyakini bahwa ini terjadi karena kebutuhan untuk memproduksi alat musik senar secara massal untuk pesanan yang atas nama Catherine de Medici pada 1560.

Biola terus berkembang, dan pada 1786 bagian busurnya juga mengalami standarisasi. Perubahan terlihat pada aspek ketegangan dan keseimbangan yang memungkinkan teknik membungkuk lebih intens.

Kemudian, adanya fitur penyangga dagu baru muncul sekitar 1820, dan sekitar tahun 1938, muncul biola dengan konsep elektronik.

Manfaat Bermain Biola untuk Kesehatan Tubuh
Bermain biola tidak hanya seru dan menyenangkan. Alat musik gesek ini juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu:

Meningkatkan daya ingat dan kapasitas mental
Belajar bermain biola ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kapasitas mental dalam beberapa cara. Misalnya, sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengikuti pelajaran biola memiliki memori kerja yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak memainkan alat musik sama sekali.

Selain itu, mereka juga memiliki rentang perhatian yang lebih baik dan lebih mampu memproses informasi dengan cepat. Studi lain menunjukkan hasil yang serupa pada orang dewasa yang belajar alat musik ini.

Baca Juga :   Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Kelompok orang tersebut menunjukkan peningkatan signifikan dalam memori verbal, kemampuan visuospasial, dan fungsi eksekutif (kemampuan merencanakan, mengatur, dan melakukan banyak tugas).

Kemudian, orang dewasa yang lebih tua yang belajar bermain alat musik serupa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam memori, penalaran, dan kecepatan pemrosesan.

Bermain biola juga membantu meningkatkan fungsi kognitif dengan menstimulasi otak kiri dan kanan secara bersamaan. Ini dapat meningkatkan memori, konsentrasi, dan bahkan keterampilan multitasking. Selain itu, mempelajari musik telah terbukti meningkatkan nilai IQ dan prestasi akademik secara umum.

Mendukung kreativitas
Kreativitas menjadi bagian penting dari fungsi kognitif. Fungsi ini membantu mengembangkan keterampilan berpikir seperti pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan konsentrasi.

Memainkan alat musik meningkatkan kreativitas dan memungkinkan melatih keterampilan berpikir kritis tersebut. Tak hanya itu, hal ini juga berdampak pada bagaimana otak bekerja saat kamu berlatih.

Saat berlatih alat musik, volume otak akan meningkat dan hal ini berdampak pada hubungan antara berbagai area otak yang lebih kuat. Memainkan alat musik juga mengubah cara otak mengintegrasikan dan menginterpretasikan informasi sensorik.

Ini terutama berlaku pada anak-anak berusia kurang dari tujuh tahun. Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang mendukung kreativitas untuk kesehatan otak yang berkelanjutan.

Baca Juga :   Obat Keracunan Makanan dari Bahan Alami

Meningkatkan koneksi sosial
Tahukah kamu bahwa merasa kesepian dapat mempercepat penurunan kognitif? Jika pandemi memberikan pelajaran berharga tentang suatu hal, maka itu adalah pentingnya hubungan sosial.

Bermain biola dapat membantu mendorong keterhubungan sosial. Alat musik ini memberikan kamu kesempatan untuk terhubung dengan orang lain, bahkan jika kamu mengambil kursus online.

Memperbaiki postur tubuh
Saat memegang biola, kamu harus melibatkan inti tubuh. Supaya bisa melakukannya dengan baik dan benar, tentu saja kamu memerlukan postur tubuh yang baik. Postur yang buruk dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah kesehatan lain.

Ketika melatih postur tubuh saat bermain biola, kamu akan melihat bahwa ada bagian tubuh yang menjadi lebih baik. Postur yang baik dapat membantu kamu menyeimbangkan dan membantu menjaga kesehatan punggung.

Berlatih Biola membantu melatih ketangkasan
Bermain biola menantang ketangkasan. Menggunakan satu tangan, kamu harus menekan papan jari untuk membuat not. Sementara itu, dengan tangan yang lain, kamu harus membungkuk tepat pada bagian atas senar yang berbeda dengan kecepatan yang berbeda pula. Aktivitas ini memberikan tantangan tersendiri, dan secara tidak langsung memberikan kesempatan lain untuk melatih otak.