Manfaat Alkohol 70 Persen untuk Kehidupan Sehari-hari
Manfaat Alkohol 70 Persen untuk Kehidupan Sehari-hari

Alkohol 70 persen (%) merupakan cairan yang mengandung 70% etil alkohol dan 30% air. Etil alkohol juga diketahui sebagai etanol. Ahli mikrobiologi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Fera Ibrahim mengatakan bahwa alkohol dengan kadar 70 persen bisa menjadi salah satu senjata untuk melumpuhkan virus, termasuk corona.

Bahan kimia ini juga aman digunakan untuk kulit, asal digunakan secara tepat dan tidak berlebihan. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk sterilisasi mainan dan botol bayi agar terhindar dari kuman.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Selain itu, alkohol biasanya digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi serta membersihkan kulit yang berminyak. Padahal, ada beberapa manfaat lain dari alkohol yang mungkin tidak kita ketahui untuk sehari-hari, lho!

  1. Membersihkan Tangan

Alkohol bisa loh untuk membersihkan tangan. Bila kamu tak ada persediaan pembersih tangan di rumah, alkohol bisa digunakan sebagai pengganti.

Caranya cukup campurkan ¼ cangkir gel lidah buaya, ½ sendok teh gliserin, dan satu sendok makan alkohol dalam mangkuk kecil. Tambahkan 10 tetes minyak kayu manis atau kayu putih.

  1. Menghapus Noda Spidol
Baca Juga :   Cara Ampuh untuk Mencegah Keracunan Alkohol

Kita cenderung menggunakan spidol permanen dan lupa untuk menghapusnya. Etanol dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggunakan alkohol.

  1. Membersihkan Kutek

Cat kuku mudah dihilangkan dengan etil asetat atau aseton. Tetapi jika kamu tidak menemukannya di rumah atau tidak dapat mentolerir bau etil asetat, maka etanol adalah yang terbaik.

  1. Mengusir Bau Sepatu

Sebelum disemprotkan alkohol, sepatu harus dalam keadaan kering. Setelah disemprot, keringkan sepatu dan bau tak sedap pun pergi.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Menurut Columbian Online Encyclopedia, alkohol mengiritasi kulit dan meningkatkan aliran darah di sekitar area yang dioleskan cairan tersebut sehingga mampu mengurangi rasa sakit.

Baca Juga :   Menilik Nutrisi dan Manfaat Jeruk Kasturi

Gosokkan kapas atau kain yang sudah diberi alkohol ke sekitar otot atau persendian yang nyeri dan rasa sakit serta pembengkakan akan reda.