Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Tetap Lezat

Makanan untuk Diabetes – Jika tidak dikontrol, diabetes bisa menimbulkan penyakit keras lainnya seperti jantung, kanker, kebutaan, dan bahkan berujung kematian.

Nah, sebagai penderita diabetes, terdapat beberapa larangan makanan yang dapat dikonsumsi karena alasan kesehatan. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari secara umum adalah makanan dengan kalori tinggi, gula dan karbohidrat kompleks.

Meskipun tidak dapat disembuhkan secara total, terdapat beberapa cara agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Salah satunya adalah dengan memperbaiki pola hidup sehat dan menjaga makanan apa saja yang dikonsumsi.

Agar tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, yuk simak lebih lanjut untuk mengetahui berbagai variasi jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Makana untuk Penderita Diabetes

  1. Mi Shirataki

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang biasa dijadikan bahan utama untuk hidangan seperti mentai atau hidangan Jepang lainnya. Mi Shirataki merupakan jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes dan menjaga berat badan.

Kandungan glukomanan dalam mi shirataki dapat mengurangi gula darah dan kadar kolesterol, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

Kamu bisa mengkombinasikan mi shirataki dengan ikan dengan lemak sehat seperti salmon dan tuna agar makanan terasa lebih nikmat dan tambah bergizi.

  1. Sayuran Hijau

Sayur-mayur berwarna hijau merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Sayuran hijau juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah.

Sehingga baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes, karena konsumsi karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah.

Beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan bayam kaya akan mineral dan vitamin C yang dapat menstabilkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Kamu bisa membuat kreasi lauk dengan sayuran hijau dengan cara ditumis, kukus, atau rebus. Variasikan cara membuat dan tambahkan bumbu dapur atau rempah secukupnya agar makanan tetap lezat dan kamu tidak bosan.

  1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah atau bumbu dapur yang biasa menjadi pelengkap makanan penutup, dikenal dengan cita rasanya yang kuat. Kandungan dalam kayu manis ternyata sangat bermanfaat untuk penderita diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah, menurunkan hemoglobin, dan meningkatkan sensitivitas insulin yang sangat baik untuk pengidap diabetes, dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis murni agar tidak mengandung banyak kumarin yang tidak begitu baik untuk kesehatan.

  1. Telur

Telur merupakan salah satu bahan utama yang dapat dimasukkan ke dalam diet bagi para penderita diabetes. Mengonsumsi telur secara rutin dapat mendatangkan banyak manfaat.

Seperti menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi inflamasi, meningkatkan sensitivitas insulin, memperbaiki kadar gula darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Kandungan antioksidan dalam telur juga dapat menjaga kesehatan mata yang bisa terkena efek ketika mengidap diabetes.

  1. Chia Seeds

Biji chia atau yang biasa dikenal dengan nama chia seeds merupakan makanan yang masuk ke dalam kategori superfood dan baik untuk dikonsumsi.

Chia seeds sangat kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar gula darah dan memiliki kadar karbohidrat mudah dicerna yang rendah, sehingga baik untuk penderita diabetes.

Chia seeds bisa dimasukkan ke berbagai macam jenis makanan dan minuman seperti smoothie bowl, jus, dan makanan lain karena rasanya yang cenderung netral.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.