Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Hindari Gorengan!

Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Hindari Gorengan!
Makanan Pengganggu Kesehatan Usus, Hindari Gorengan!

Apakah kamu mudah lelah dan sering migrain? Hati-hati, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa ususmu tidak bersih. Usus yang kotor dapat menghambat sistem pencernaan. Agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik, kita perlu mengusahakan agar usus selalu dalam keadaan bersih.

Salah satu penyebab gangguan pencernaan adalah menumpuknya sisa-sisa makanan. Kita cenderung makan semua makanan enak tanpa memfilter kandungan dan risikonya. Dilansir MedicineNet, terdapat beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar kesehatan usus tidak terganggu.

Aneka jenis gorengan

Baca Juga :   Kenali Gejala Asam Urat Berikut ini!

Hampir semua orang menggemari gorengan. Rasanya yang gurih dan renyah membikin makanan ini menjadi salah satu primadona. Eits, tetapi ternyata makanan ini gak sehat buat kesehatan ususmu, lho.

Lemak yang terkandung pada gorengan membuat ususmu bekerja lebih ekstra. Akibatnya, tak jarang akan muncul rasa tidak nyaman pada perut. Makanan seperti kentang goreng, bakwan, keripik, dan sebagainya perlu dihindari, ya!

Makanan berjenis karbohidrat olahan

Serat adalah kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan yang baik membutuhkan serat. Oleh sebab itu, kamu perlu mengurangi konsumsi roti, pasta maupun olahan mie. Semua makanan ini merupakan jenis karbohidrat olahan.

Baca Juga :   Penyebab Infeksi Liver yang Perlu Diwaspadai

Dalam karbohidrat olahan terkandung sedikit sekali serat. Kamu bisa menggantinya dengan karbohidrat yang bukan olahan. Makanan seperti nasi merah bisa kamu gunakan sebagai asupan karbohidratmu.

Buah-buahan dengan kadar fruktosa yang tinggi

Buah dengan kandungan fruktosa yang tinggi akan memengaruhi sistem pencernaan. Apalagi, buat sebagian orang dengan sistem pencernaan yang sensitif. Oleh sebab itu, konsumsi buah-buahan kaya fruktosa ini perlu kita hindari atau kurangi.

Apa saja contoh buah-buahan tersebut? Pear, apel, dan mangga adalah buah-buahan dengan kandungan fruktosa yang tinggi. Kesegaran dan kenikmatan buah-buahan tersebut memang tidak terelakkan, tetapi kamu perlu berpikir lagi untuk mengonsumsinya.

Baca Juga :   Manfaat Memainkan Alat Musik Piano pada Anak

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *