Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi, Jangan Dilanggar!

Kolesterol merupakan salah satu kadar dalam darah yang harus kamu periksa dan kontrol secara berkala. Pasalnya, kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lainnya seperti penyakit jantung dan stroke.

Ketika kolesterol tinggi sudah terdeteksi, kamu bisa segera mengambil tindakan untuk menanggulanginya, seperti mengatur pola makan sehari-hari.

Terkadang, tanda-tanda kolesterol sudah tinggi dapat kamu rasakan pada beberapa bagian tubuh. Misalkan, nyeri pada bagian tengkuk, kaki dan dada serta badan jadi mudah lelah.

Pasalnya, saat kolesterol terlalu tinggi, plak dapat menumpuk di pembuluh darah yang berada di beberapa area ini seperti leher, jantung dan kaki. Penumpukan plak kemudian menyebabkan berkurangnya aliran darah. Karena itulah kamu merasakan nyeri.

Harus ekstra hati-hati ketika menyantap makanan nikmat, bisa saja makanan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol “jahat” low density lipoprotein (LDL). Sebab memang kebanyakan makanan penyebab kolesterol tinggi memiliki cita rasa yang nikmat dan sulit untuk dihindarkan.

Berikut daftar makanan penyebab kolesterol tinggi yang wajib kamu hindari kalau kadar kolesterol LDL kamu sudah tinggi.

Makanan Penyebab Kolesterol

  1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan sederhana yang sangat kaya akan nutrisi di dalamnya. Sayangnya, telur juga mengandung kolesterol tinggi yang tinggi. Dalam satu butir telur, terdapat sekitar 185-200 miligram (mg) kolesterol.

Sebagian besar kolesterol yang terkandung dalam telur ini terdapat pada bagian kuning telurnya, sementara bagian putih telur rendah akan kolesterol.

Selain telur ayam biasa, telur puyuh juga memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Walaupun berukuran lebih kecil dari telur ayam biasa, telur puyuh mengandung kolesterol dua kali lipat dari telur ayam biasa.

Telur puyuh seringkali ditemui sebagai pelengkap makanan atau dijadikan sate yang cenderung dikonsumsi dalam jumlah banyak, maka dari itu hati-hati jangan sampai makan terlalu banyak, Kamu.

  1. Produk Susu

Lemak yang terkandung dalam produk susu merupakan lemak jenuh yang berdampak buruk pada kolesterol. Lemak jenuh yang ada pada produk susu antara lain asam laurat dan asam miristat, kedua asam lemak jenuh ini berpotensi meningkatkan kolesterol jahat LDL.

Salah satu produk susu yang tinggi kolesterol adalah keju. Per 100 gram (g) keju, terdapat sekitar 95 mg kolesterol. Jika tetap ingin mengonsumsi susu, pilihlah produk susu rendah dan bebas lemak, atau hasil fermentasi seperti yogurt.

  1. Makanan Laut

Makanan laut seperti kerang, udang dan lobster sebenarnya padat akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Protein, vitamin B, zat besi dan selenium yang tinggi bersumber dari makanan laut tersebut.

Hanya saja, kalau dikonsumsi terlalu banyak, dapat menyebabkan kadar kolesterol meroket naik. Sebagai contoh, setiap 85 gram udang mengandung 166 mg kolesterol, angka ini sudah lebih dari 50% asupan kolesterol harian seharusnya.

Memang makanan laut menjadi makanan wajib bagi masyarakat Indonesia, tetapi demi kesehatan jangka panjang, sebaiknya kamu bisa mengontrol diri dalam membatasi konsumsi makanan laut.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.