Langkah & Cara Membersihkan Kandang Hewan agar Bebas Virus

Langkah & Cara Membersihkan Kandang Hewan agar Bebas Virus
Langkah & Cara Membersihkan Kandang Hewan agar Bebas Virus

Selain perawatan hewan, merawat kandang hewan juga tidak kalah pentingnya. Akan tetapi, sudahkah kamu membersihkan kandang hewan peliharaanmu dengan benar?

Membersihkan kandang hewan seperti anjing dan kucing peliharaan sangatlah penting untuk dilakukan demi melindungi dan menjaga kesehatan hewan dan kesehatan kita sendiri sebagai pemilik hewan peliharaan.

Selain itu, hewan pun dapat merasa stres jika lingkungannya tidak bersih, karena itu kamu harus terus menjaga kebersihan kandang hewan peliharaan.

Membersihkan kandang hewan penting dilakukan setidaknya dalam 2 kali sehari, karena kandang yang bersih akan meminimalisir penyebaran penyakit dan terhindar dari virus atau bakteri berbahaya penyebab penyakit.

Baca Juga :   Heterochromia, Kenali Berbagai Jenis dan Penyebabnya

Untuk menjaga hewan dan tuannya terhindar dari virus berbahaya, berikut cara bersihkan kandang hewan yang baik dan benar.

  1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk melakukan pembersihan kandang secara menyeluruh, kamu perlu air, spons, sikat, handuk, produk pembersih kandang yang aman untuk hewan peliharaan, dan sarung tangan.

Ingatlah untuk memilih produk pembersih dengan hati-hati. Hewan peliharaan bisa sangat sensitif pada zat-zat kimia. Apa yang mungkin aman bagi manusia dapat menyebabkan penyakit atau bahkan kematian untuk hewan peliharaanmu.

Baca Juga :   Mengenal Berbagai Tes Infertilitas Beserta Manfaatnya

Hindari risiko ini dengan menggunakan produk sanitasi atau cairan desinfektan yang dibuat khusus untuk hewan peliharaan.

  1. Pindahkan Hewan ke Tempat atau Kandang Bersih

Langkah pertama yaitu menyiapkan tempat atau kandang bersih untuk hewan menunggu sampai kandangnya siap digunakan setelah dibersihkan.

Selain itu, hal ini juga bermanfaat juga untuk mencegah penyebaran penyakit pada hewan-hewan lainnya jika kamu memiliki lebih dari satu hewan peliharaan.

  1. Gunakan Sarung Tangan

Kotorah hewan peliharaan berbahaya untukmu, jadi kamu harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari kontak langsung dengan kotoran. Kenakan sarung tangan sekali pakai dan jangan menyentuh isi kandang dengan tangan kosong.

  1. Kosongkan Kandang
Baca Juga :   Cara Mengatasi Penyakit Buta Warna pada Anak

Kosongkan kandang hewan, ambil semua yang ada di dalam kandang seperti makanan, piring air, pasir, dan mainan yang mungkin ada di dalam kandang.

Setelah sudah kosong, cuci semua barang yang tadi ada di daam kandang dengan cara direndam dengan cairan desinfektan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan virus yang dapat menyerangmu dan hewan peliharaanmu.