Kurap Kering, Inilah Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kurap Kering, Inilah Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya
Kurap Kering, Inilah Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kurap kering adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Kurap kering biasanya ditandai dengan ruam merah bersisik yang terasa gatal. Tinggal di wilayah tropis, seperti Indonesia, dan sering berbagi pakai barang pribadi dengan orang lain dapat meningkatkan risiko terkena kurap kering.

Kurap kering atau tinea merupakan infeksi jamur yang sangat menular. Kondisi ini bisa menyerang berbagai bagian tubuh, mulai dari kaki, lengan, wajah, selangkangan, hingga kulit kepala.

Selain tinggal di wilayah tropis dan berbagi pakaian, handuk, atau tempat tidur dengan orang lain, kurap kering juga berisiko dialami oleh orang yang memiliki hewan peliharaan, melakukan olahraga gulat, banyak berkeringat, atau menderita diabetes.

Baca Juga :   Begini Cara Menghilangkan Bekas Kurap

Penyebab Kurap Kering
Ada tiga jenis jamur yang menjadi penyebab kurap kering, yaitu Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Jamur-jamur ini dapat ditularkan melalui beberapa cara, antara lain:

Manusia ke manusia
Anda bisa terkena kurap kering jika melakukan kontak langsung dengan kulit penderita kurap.

Hewan ke manusia
Infeksi kurap kering juga bisa terjadi jika Anda menyentuh langsung hewan yang terinfeksi. Hewan-hewan yang dapat menularkan kurap kering ke manusia adalah anjing, kucing, sapi, hingga kambing.

Barang pribadi ke manusia
Anda tidak disarankan untuk berbagi pakai barang pribadi, seperti handuk, sisir, seprai, dan selimut, dengan orang lain karena dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kurap kering.

Baca Juga :   Pilihan Scrub Bibir dari Bahan Alami dan Cara Menggunakannya

Kurap kering juga bisa menular dari tanah ke manusia, meskipun kondisi ini jarang terjadi. Selain itu, jamur penyebab kurap kering juga bisa hidup di area yang lembap seperti kamar mandi umum dan ruang ganti. Agar terhindar dari kurap kering, pastikan Anda selalu menggunakan alas kaki saat berada di tempat tersebut.

Cara Mengobati Kurap Kering
Pengobatan kurap kering sangat tergantung pada lokasi dan keparahan infeksi. Namun, pemberian obat antijamur dalam bentuk krim, losion, atau bedak yang bisa dibeli bebas di apotek, dapat menjadi langkah awal pengobatan kurap kering. Obat antijamur ini bisa adalah miconazole atau clotrimazole.

Baca Juga :   Bayi Tabung, Ini yang Harus Anda Ketahui

Untuk membunuh jamur penyebab kurap kering, pastikan Anda menggunakan obat antijamur selama 2–4 minggu. Masa hidup jamur di kulit manusia tidak terbatas, sehingga kemungkinan kambuhnya kurap kering akan sangat tinggi jika pengobatan yang dilakukan tidak maksimal.

Kurap kering yang menyerang kulit kepala biasanya akan diobati menggunakan sampo khusus untuk menghilangkan jamur serta obat antijamur minum.