Kiprah Marselino Ferdinand di Indonesia: Bintang Masa Kini dan Masa Depan Garuda!

Kiprah Marselino Ferdinand di Indonesia: Bintang Masa Kini dan Masa Depan Garuda!
Kiprah Marselino Ferdinand di Indonesia: Bintang Masa Kini dan Masa Depan Garuda!

Timnas Indonesia boleh gagal di ajang Piala AFF 2022. Namun, paling tidak ada sentuhan manis Marselino Ferdinand yang menunjukkan performa mengesankan sebagai pemain termuda di turnamen tersebut.

Marselino Ferdinan masuk dalam skuad Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022. Keputusan pelatih Shin Tae-yong memboyongnya tentu bukan tanpa alasan.

Penampilannya sejak di skuad U-19 hingga U-22 sudah masuk dalam pengamatan dari Shin Tae-yong. Marselino mampu menjawabnya dengan penampilan mengesankan pada semua level tersebut.

Imbasnya adalah pelatih Shin Tae-yong mempromosikan ke timnas senior pada usia yang cukup muda yakni 17 tahun 4 bulan dan 18 hari. Sejak saat itu, Marselino Ferdinan selalu masuk skuad Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong.

Peran Spesial
Marselino Ferdinan merupakan seorang gelandang serang yang punya visi bermain bagus. Bila melihat pemain 18 tahun itu, publik seakan diingatkan dengan Evan Dimas.

Baca Juga :   Defenisi Dan Beberapa Cabang Olahraga Atletik

Sewaktu muda, Evan Dimas juga berhasil dipercaya bermain pada sejumlah level timnas. Perannya juga mirip karena sama-sama seorang gelandang.

Marselino kini menjadi dirijen lapangan tengah Timnas Indonesia. Peran tersebut didukung kualitas individu yang baik, kecepatan berlari, hingga kelincahan dalam menggiring bola.

Bahkan, Marselino juga punya kepercayaan diri yang bagus dalam melepaskan tendangan hingga assist. Kepiawaian itu menjadi nilai plus buat pemain yang berkarier bersama Persebaya Surabaya tersebut.

Sederet kemampuan mengesankan itulah menjadi pertimbangan Shin Tae-yong mempromosikan Marselino ke skuad senior. Termasuk saat bermain pada Piala AFF 2022.

“Saya memanggilnya karena memang dia punya kemampuan,” kata Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   PSG Pastikan Kehadiran Messi Hadapi Ronaldo di Pertandingan Persahabatan

Rapor Mentereng
Pada Piala AFF 2022, Marselino tercatat bermain lima pertandingan. Marselino hanya absen saat Timnas Indonesia melumat Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Adapun sisanya, Marselino bermain rata-rata lebih dari 78 menit. Cuma laga melawan Thailand, Marselino bermain selama tiga menit.

Marselino juga tercatat sukses mencetak satu gol dan satu assist. Gol ke gawang Filipina disebut memecahkan rekor pada Piala AFF.

Marselino menjadi pemain termuda Indonesia yang berhasil mencetak gol pada Piala AFF dalam usia 18 tahun, 3 bulan, dan 24 hari. Marselino memecahkan rekor Boaz Solossa pada Piala AFF 2004 saat mencetak gol pada usia 18 tahun 9 bulan dan 1 hari.

Saat ini, Marselino sudah mengemas 10 penampilan bersama skuad Timnas Indonesia senior, delapan penampilan bersama skuad U-23, dan tiga penampilan bersama skuad U-19. Semuanya dilakukan di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga :   Chelsea Siap-siap Gigit Jari, Lyon Tegaskan Tidak Mau Lepas Malo Gusto

Diburu Klub Thailand?
Penampilan apik Marselino Ferdinan ternyata sudah tersohor ke luar negeri. Klub Thailand kabarnya disebut-sebut mempertimbangkan untuk merekrut Marselino.

Adalah Madam Pang, manajer Thailand yang merupakan pemilik Port FC, sedang memantau sang pemain. Meskipun belum sepenuhnya benar, namun rumor tersebut tentu cukup wajar.

Marselino memang layak mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu dan pengalaman di luar negeri. Bermain di Thai League tentu bakal menambah kualitas seorang Marselino.

Namun, tentu saja Marselino masih harus menghormati kontraknya bersama Persebaya Surabaya. Saat ini, sang pemain terikat kontrak sampai 1 Juli 2024 bersama klub asal Jawa Timur tersebut.