Kesalahan saat Sarapan yang Justru Bikin Tambah Gemuk

Kesalahan saat Sarapan yang Justru Bikin Tambah Gemuk
Kesalahan saat Sarapan yang Justru Bikin Tambah Gemuk

Seperti yang kita ketahui, sarapan menjadi waktu makan paling penting setiap harinya. Tapi kita cenderung sering melakukan kesalahan-kesalahan saat sarapan yang justru memicu terjadinya penumpukan lemak dan kalori dalam tubuh. Lalu kebiasaan kesalahan saat sarapan seperti apa sih yang bisa membuat kamu jadi tambah gemuk? Yuk langsung aja simak infonya di bawah ini.

Minum jus

Minum segelas jus di pagi hari memang menyehatkan dan bisa menjadi penyemangat kamu untuk mengawali hari. Tapi ada kabar buruk nih bagi kamu yang suka minum jus saat sarapan. Ternyata jus itu bisa bikin gemuk! Kok bisa yah? Hal ini karena saat buah dijus, yang tersisa hanyalah kandungan air dan gula yang tinggi, apalagi untuk jus kemasan. Sedangkan kandungan vitamin dan serat yang baik untuk proses metabolisme tubuh, akan berkurang. Nah daripada minum jus, mendingan kamu konsumsi buahnya secara langsung deh. Pastinya kamu akan mendapatkan manfaat dari buah tersebut secara utuh.

Baca Juga :   Destinasi Tempat Wisata di Laos

Asal memilih makanan

Karena sarapan merupakan waktu makan yang paling penting, jadi kamu tidak boleh asal memilih menu untuk sarapan yah, Kalian. Jangan asal kenyang saja, tapi yang paling penting adalah nutrisinya. Di samping itu, sebaiknya hindari makanan yang terlalu berat seperti makanan berkarbohidrat tinggi, karena selain memicu tumpukan lemak, makanan berat juga memaksa pencernaan untuk bekerja terlalu keras. Nah maka dari itu, pilihlah menu sarapan yang tidak memaksa organ pencernaan untuk bekerja terlalu keras, karena di malam hari organ tubuh kita sudah bekerja sangat keras untuk proses detoksifikasi. Makanan dengan karbohidrat komplek seperti oatmeal dan roti gandum, dapat menjadi alternatif pengganti nasi atau roti terigu untuk sarapan.

Porsi berlebihan

Kalian udah nyiapin menu yang sehat untuk sarapan, misalnya seperti oatmeal, sayur dan buah-buahan. Tapi porsinya buanyaakkk banget. Sama saja bohong! Sesehat apapun menu sarapan kamu, tapi jika kamu mengkonsumsinya dalam porsi yang berlebihan, tetap saja akan membuat jarum timbangan badan kamu bergerak ke arah kanan. Selain bikin gemuk, makan terlalu banyak juga akan membuat kamu mengantuk seharian karena kekenyangan. Nah karena itu, makanlah dengan porsi yang wajar dan secukupnya yah, Kalian. Jangan sampai kamu terlalu kenyang.

Baca Juga :   Cari Tahu Penyebab Jari Tangan Kaku yang Kamu Alami

Melupakan air putih

Pastinya Kalian udah tahu kan 90 % tubuh kita terdiri dari air? Jadi Kalian bisa lihat kan kalau air itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Selain menyehatkan, ternyata air juga bisa mencegah obesitas loh, Kalian. Karena selain mempercepat proses metabolisme tubuh, minum air putih juga dapat membuat kamu lebih cepat kenyang. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih setelah makan yah, Kalian.

Minum kopi

Minum kopi atau teh memang nggak masalah, yang jadi masalah adalah saat kamu menambahkan gula pasir atau creamer ke dalamnya. Pastinya Kalian udah tau kan kedua pemanis itu tinggi akan kalori yang bisa bisa kamu gemuk? Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan bahan yang rendah kalori seperti gula aren dan madu untuk memberi rasa manis pada kopi atau teh yang kamu buat, tapi tetap jangan berlebihan yah, Kalian.

Baca Juga :   Obat Diare Terbaik: Ampuh dan Manjur, Tersedia di Apotik

Terburu-buru

Mungkin kamu sering terburu-buru saat sarapan karena takut telat ke kantor. Tapi makan dengan terburu-buru bisa berakibat fatal loh, Kalian. Selain membuat kamu tersedak, makan dengan cepat juga membuat makanan tidak dikunyah secara sempurna, sehingga akan memperlambat proses pencernaan. Pada akhirnya proses pencernaan yang lamban ini akan membuat makanan yang masuk ke tubuh kamu tidak berubah menjadi energi, melainkan menjadi tumpukan lemak.