Kenali Manfaat Sarang Madu untuk Kesehatan

Tidak kalah dari madu, manfaat sarang madu untuk kesehatan ada banyak, lho. Nutrisi yang terkandung di dalam sarang madu memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

Sarang madu atau honeycomb adalah sarang lebah dengan bentuk heksagonal yang terbuat dari lilin lebah (beeswax). Sarang ini digunakan oleh lebah sebagai tempat untuk menyimpan madu, serbuk sari, dan larva.

Manfaat Sarang Madu untuk Kesehatan
Sarang madu kaya akan kandungan air dan gula. Selain itu, sarang ini juga tinggi karbohidrat dan antioksidan, serta mengandung sedikit protein, vitamin, dan mineral.

Madu yang terdapat pada honeycomb adalah madu mentah. Madu mentah mengandung enzim glukosa oksidase yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Biasanya, enzim ini menghilang ketika madu melewati berbagai proses pengolahan.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, mengonsumsi sarang madu akan memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti:

  1. Mencegah kerusakan sel tubuh

Mengonsumsi sarang madu dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Manfaat ini berkat tingginya kandungan antioksidan pada sarang madu yang mampu melawan radikal bebas.

  1. Mencegah infeksi jamur dan bakteri

Sifat antimikroba dan antibakteri pada sarang madu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan kalau ekstrak lilin lebah bisa membantu tubuh melawan bakteri penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Salmonella enterica, E. coli, dan Candida albicans.

  1. Mencegah kesehatan jantung

Penelitian menyatakan bahwa madu, termasuk madu yang ada di dalam sarang lebah, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Nah, hal ini tentunya dapat berefek baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu saja, komponen fenol yang ada di dalam madu juga memiliki efek antioksidan, vasodilator, antiiskemik, dan antitrombotik. Efek ini baik untuk mencegah sumbatan akibat pembekuan darah dan melancarkan aliran darah dari dan ke jantung.

  1. Melindungi liver

Kandungan alkohol beeswax pada sarang madu diketahui dapat melindungi sel-sel hati dari kerusakan. Selain itu, rutin mengonsumsi madu juga bisa membantu melindungi kerusakan organ hati atau liver akibat penyumbatan saluran empedu.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Mengonsumsi madu atau sarangnya dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, rutin mengonsumsi pemanis alami yang satu ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin dan melindungi pankreas dari kerusakan.

Inilah alasan mengapa madu dan sarangnya boleh dikonsumsi sebagai alternatif gula oleh penderita diabetes. Namun, untuk jumlah aman yang bisa dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.