Kenali Ciri-Ciri Bayi Sehat dan Cara Mendukung Kesehatannya

Mengenali tanda-tanda bayi sehat slot jepang perlu dijalankan orang tua untuk memastikan tumbuh kembang anak telah cocok usianya. Selain menambahkan berat badan, ciri bayi sehat juga bisa dikenali lewat pertumbuhan motorik dan emosionalnya, dan juga bagaimana ia berinteraksi dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya.

Beragam Ciri Bayi Sehat

Secara umum, tanda-tanda bayi sehat yang wajib Bunda kenali antara lain:

1. Mengalami kenaikan berat badan

Ciri utama bayi sehat adalah penambahan berat badan yang stabil. Hal ini menyatakan bahwa bayi udah beroleh asupan nutrisi yang cukup. Untuk memastikan penambahan berat badan Si Kecil udah sesuai bersama usianya, Bunda sebaiknya teratur memeriksakan ia ke dokter.

Idealnya, sejak dilahirkan hingga berusia 6 bulan, kenaikan berat badan bayi berkisar 150–200 gram per minggu. Sementara untuk bayi usia 6–12 bulan, kenaikan berat badan yang direkomendasi berkisar 85–140 gram per minggu.

2. Merasa tenang sementara berada di dekat orang tua

Bayi baru lahir memang dapat sering menangis untuk berkomunikasi. Oleh gara-gara itu, sementara Si Kecil menangis, Bunda mampu beri tambahan sentuhan lembut atau mengajaknya berbicara, agar ia jadi tenang dan tahu bahwa Bunda tengah berada di sampingnya.

Merasa tenang sementara berada di dekat orang tua termasuk merupakan tidak benar satu ciri bayi sehat gara-gara pertumbuhan emosionalnya berjalan bersama baik.

3. Merasa tertarik bersama dunia sekelilingnya

Saat memasuki usia 2 bulan, beberapa besar bayi udah jadi tertarik bersama beraneka perihal di sekitarnya. Ia jadi tertarik menyaksikan warna-warna cerah, menyimak muka atau gerakan Bunda, hingga menyaksikan kipas angin yang bergerak.

Kondisi berikut menyatakan bahwa manfaat otak dan mata bayi jadi meningkat dan bekerja bersama baik. Ini termasuk merupakan tanda-tanda bayi sehat. Nantinya, saat bayi memasuki usia 3 bulan, pertumbuhan motoriknya pun kian meningkat. Hal ini ditandai bersama kebolehan bayi untuk mencapai benda-benda di dekatnya.

4. Mampu berinteraksi bersama orang lain

Bayi berusia 1–2 bulan umumnya udah mampu berinteraksi bersama orang lain, melaksanakan kontak mata, hingga tersenyum sementara diajak berkata atau bercanda. Pada usia 4 bulan, bayi apalagi udah mampu tertawa atau merespons sementara diajak berkata atau bercanda.

Semua hubungan yang ditunaikan bayi berikut termasuk ciri bayi sehat gara-gara menyatakan bahwa ia udah mengenal kondisi lingkungan sekitarnya.

5. Bisa menyangga berat badannya sendiri

Pada usia 1 bulan, bayi umumnya udah mampu menahan kepalanya sendiri meskipun sebentar. Di usia 3 bulan, bayi udah mampu menyangga kepala dan berat badannya sendiri.

Di jaman ini, Bunda benar-benar direkomendasi untuk melaksanakan tummy time bersama Si Kecil. Selain menyenangkan, aktivitas ini termasuk mampu melatih pertumbuhan otot Si Kecil, agar ia mampu lebih cepat tengkurap, berguling, dan duduk sendiri.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.