Kaya Antioksidan, Ini Manfaat Arbei untuk Kesehatan Tubuh

Arbei merupakan buah kecil berwarna merah kehitaman yang memiliki rasa manis. Meskipun ukurannya kecil, tapi arbei punya manfaat untuk kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Karbohidrat yang terkandung dalam arbei mampu mengubah gula menjadi glukosa, sehingga bisa menjadi sumber energi untuk sel tubuh. Asupan zat besi dan oksigen akan meningkat jika kamu rutin mengonsumsi buah eksotis ini. Sebab, arbei mengandung riboflavin (vitamin B12), yang mampu melindungi jaringan tubuh dari radikal bebas dan membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat Arbei untuk Kesehatan Tubuh
Buah arbei mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan flavonoid dalam arbei mampu melawan radikal bebas untuk mencegah stres oksidatif. Manfaat ini penting, karena stres oksidatif memiliki dampak negatif pada beberapa aspek kesehatan fisik, kognitif, dan emosional.

Berkat kandungan vitamin dan mineralnya, inilah beberapa manfaat yang dibawa oleh buah arbei:

Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol merupakan lemak yang penting ada di setiap sel tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi dalam darah, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa arbei dan ekstrak arbei dapat mengurangi kelebihan lemak dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, beberapa pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa arbei dapat mengurangi pembentukan lemak di hati, yang berpotensi membantu mencegah penyakit hati berlemak.

Mengontrol gula darah
Pengidap diabetes tipe 2 berisiko mengalami peningkatan gula dara yang cepat, dan perlu berhati-hati dalam mengonsumsi karbohidrat. Buah arbei akan sangat bermanfaat bagi pengidap diabetes tipe-2. Sebab buah ini mengandung senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang menghambat enzim di usus sehingga memecah karbohidrat. Pada pengidap diabetes, konsumsi buah arbei dapat memperlambat peningkatan gula darah setelah makan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk menyimpulkan hal ini.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
Manfaat buah arbei berikutnya yaitu meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah arbei mengandung serat makanan dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung fungsi pencernaan yang optimal. Senyawa pada buah arbei dapat membantu sistem pencernaan agar makanan melalui saluran pencernaan dengan baik. Proses tersebut dapat mencegah sembelit, kembung, dan kram perut.

Meningkatkan sirkulasi darah
Banyaknya jumlah antioksidan yang terkandung dalam arbei sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pembuluh darah. Antioksidan bekerja dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah dari jantung dapat mengalir dengan lancar ke organ tubuh lainnya.

Buah arbei juga mengandung banyak zat besi yang bermanfaat untuk proses produksi sel darah merah. Polifenol yang terkandung dalam arbei juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan kandungan potasiumnya, agar menjaga tekanan darah tetap normal.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat buah arbei selanjutnya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam arbei bermanfaat untuk melawan infeksi dan patogen asing. Mengonsumsi satu porsi buah arbei, hampir memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat buah arbei untuk kesehatan. Tidak ada salahnya jika kamu mulai menjadikan buah arbei sebagai salah satu buah favorit. Sebab, buah ini memiliki rasa yang enak dan mudah diolah ke berbagai camilan dan minuman.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.