Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?

Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?
Kapan Waktu Terbaik Minum Vitamin C?

Mungkin kamu menyadari akan pandemi virus COVID-19 belakangan ini. Banyak orang bersaingan membeli berbagai kebutuhan seperti masker, hand sanitizer, dan juga vitamin.

Mempraktikkan pola hidup yang sehat itu sangat penting untuk kesehatan dan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang virus penyakit. Nah, salah satunya dengan rutin mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C bukanlah suplemen yang baru di kalangan masyarakat. Mungkin Kamu sendiri juga mengonsumsi Vitamin C setiap hari. Tapi, tahukah kamu mengenai waktu-waktu optimal untuk meningkatkan keampuhan suplemen tersebut?

Waktu Yang Tepat Minum Vitamin C

  1. Sebelum Makan Adalah Waktu Paling Optimal
Baca Juga :   Gerakan Senam Ibu Hamil untuk Memperlancar Persalinan

Vitamin C disebut juga dengan L-absorbic Acid. Jenis vitamin ini larut dalam air dan tidak perlu mengonsumsinya dengan makanan. Artinya, waktu terbaik adalah di pagi hari, 30 menit sebelum makan. Atau bisa juga 2 jam sesudah makan ,agar makanan dicerna terlebih dahulu.

Tapi, tidak jarang sebagian besar orang merasa mual atau bahkan diare ketika mengonsumsi vitamin C dalam keadaan perut kosong. Terutama, jika dosis vitamin C nya tinggi.

  1. Konsumsi Dengan Makanan Jika Merasa Mual

Menurut dokter spesialis Robert Zembroski, bagi yang memiliki saluran pencernaan sensitif, sebaiknya mengonsumsi Vitamin C dengan makanan. Proses ini akan menghindari kamu dari rasa mual. Yang paling penting, usahakan dikonsumsi dalam jam waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga :   Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh dan Keseharianmu!

Bagi kamu yang minum vitamin C dalam dosis tinggi (lebih dari 500 mg), sebaiknya membagi dosis menjadi dua kali dalam sehari. Misalnya setengah dosis diminum setelah sarapan dan setengahnya lagi setelah makan siang.

Pembagian dosis ini bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan Vitamin C oleh tubuh. Saat kita mengonsumsi Vitamin C dengan dosis tinggi sekaligus, sebagian besar dari khasiat tersebut akan dibuang oleh tubuh melalui urin.

  1. Hindari Vitamin C Di Malam Hari Jika Sulit Tidur

Ada beberapa orang yang melaporkan sulit tidur saat meminum Vitamin C berdosis tinggi di waktu malam. Apakah ini terjadi dengan kamu?

Baca Juga :   Cara Ampuh Mengatasi Kolitis pada Orang Dewasa

Walau belum ada penelitian resmi mengenai topik ini, tidak ada salahnya untuk menghindar dengan mengonsumsi Vitamin C di pagi atau siang hari.

Atau ikuti dosis yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health: 75 mg/ hari untuk wanita dewasa dan 90 mg / hari untuk pria dewasa.

Tahukah kamu merokok bisa membuat tubuh Kamu kekurangan Vitamin C? Bagi yang merokok, tambahkan 35 mg / hari nya dari dosis yang direkomendasikan.