Jenis Obat Vertigo Herbal yang Bisa Dicoba

Selain dengan obat-obatan medis, vertigo juga bisa diatasi dengan obat vertigo herbal. Namun, ini hanya berlaku untuk vertigo ringan, ya. Ada beragam jenis obat vertigo herbal yang mudah diperolah di sekitar Anda. Apa saja obat jenis obat herbal tersebut?

Vertigo bisa muncul secara tiba-tiba dan terjadi hanya sesekali, tetapi juga bisa sering kambuh. Timbulnya vertigo dapat ditandai dengan gejala pusing seperti sekeliling terlihat berputar yang membuat penderitanya kehilangan keseimbangan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya vertigo, mulai dari gangguan kecemasan, efek samping obat-obatan tertentu, hingga penyakit, seperti beningn paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, infeksi telingan bagian dalam, dan migrain.

PIlihan Obat Vertigo Herbal
Dalam banyak kasus, vertigo ringan yang terjadi sesekali umumnya bisa ditangani secara mandiri di rumah dengan obat vertigo herbal. Berikut adalah beberapa pilihan obat vertigo herbal yang bisa Anda coba di rumah:

  1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba telah lama dikenal sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi gejala pusing dan mual pada penderita vertigo. Ginko biloba mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat melancarkan peredaran darah di organ vestibular atau sistem pengatur keseimbangan tubuh, yaitu otak kecil dan telinga dalam.

Tidak hanya bisa mengatasi vertigo, ginkgo biloba bahkan juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta mengurangi risiko terjadinya demensia dan penyakit Alzheimer.

  1. Jahe

Jahe diketahui efektif digunakan sebagai obat sakit kepala alami. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga berguna untuk meredakan gejala pusing, mual, dan muntah pada penderita vertigo. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk air seduhan jahe atau teh jahe hangat.

  1. Lemon balm

Lemon balm juga bisa menjadi salah satu obat vertigo herbal yang bisa Anda coba. Tanaman beraroma lemon dari keluarga mint ini cukup terkenal karena efeknya yang bisa membuat seseorang merasa lebih rileks, melemaskan otot-otot yang tegang, dan melancarkan aliran darah di kepala dan otak.

Efek ini menjadikan lemon balm kerap kali dijadikan sebagai teh herbal yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk mengatasi pusing dan sakit kepala akibat vertigo.

  1. Minyak esensial

Beberapa riset menyebutkan bahwa minyak esensial yang terbuat dari jahe, peppermint, lemon balm, atau lavender dipercaya mampu bertindak sebagai aromaterapi yang dapat membantu meredakan gejala pusing, mual, sakit kepala pada penderita vertigo.

Untuk meredakan gejala vertigo, Anda bisa mengoleskan minyak esensial langsung ke dahi atau belakang leher sambil memijit secara perlahan. Cara lainnya adalah dengan menghirup minyak esensial yang sudah diteteskan ke dalam wadah air panas atau diffuser.

  1. Teh chamomile

Teh chamomile merupakan salah satu teh herbal yang sudah digunakan secara tradisional untuk mengatasi pusing, mual, dan sakit kepala. Selain itu, teh ini juga bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan tidur lebih pulas. Karena manfaatnya tersebut, teh chamomile bisa Anda konsumsi sebagai obat vertigo herbal.

Selain dengan obat herbal, Anda juga dianjurkan untuk mencukupi asupan kalsium dan vitamin D guna mengurangi gejala vertigo dan mencegah kekambuhannya. Hal ini penting karena kekurangan nutrisi tersebut dapat memperburuk gejala benign paroxysmal positional vertigo (BPPV).

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.