Jenis Kanker yang Rentan Menyerang Anak

Anak-anak rentan terserang berbagai penyakit akibat sistem imunitasnya yang masih lemah. Salah satu gangguan yang berisiko terjadi pada anak adalah kanker. Ada beberapa jenis kanker pada anak yang rentan terjadi, kondisi ini pun bisa membahayakan jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Jenis Kanker pada Anak yang Rentan Terjadi
Berikut beberapa jenis kanker anak yang lebih rentan terjadi:

  1. Kanker darah

Gangguan yang disebut juga dengan leukemia termasuk jenis kanker anak yang sering terjadi. Kondisi ini terjadi akibat sumsum tulang menghasilkan sel darah putih yang tidak normal atau belum matang, sehingga jumlah sel darah merah dan plasma menurun.

Hal ini menyebabkan sel-sel yang abnormal tersebut terlalu banyak, sehingga memudahkan berbagai penyebab infeksi untuk masuk ke tubuh. Pengidapnya juga dapat mengalami kesulitan untuk mendapatkan oksigen yang lancar.

Beberapa gejala dari kanker pada anak ini, antara lain sakit kepala, masalah keseimbangan, masalah penglihatan, kerap muntah, dan lainnya.

  1. Tumor sumsum tulang belakang

Gangguan kanker pada anak ini termasuk kondisi yang kerap terjadi setelah kanker darah dengan jumlah terbanyak.

Kondisi ini terjadi sekitar 24 persen dari total kasus kanker yang menimpa anak. Bahayanya, tumor ini dapat menjadi kanker jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Tumor tulang belakang umumnya tidak menimbulkan gejala, sehingga sulit untuk mendapatkan tindakan dini.

Ada beberapa gejala yang mungkin timbul pada tahap awal serangan, yaitu adanya benjolan pada punggung atau sekitar tulang belakang, nyeri pada punggung, kesemutan atau mati rasa pada punggung, dan masih banyak lagi.

  1. Limfoma

Kanker limfoma juga termasuk gangguan yang rentan terjadi pada anak-anak. Kondisi ini memengaruhi limfosit yang merupakan sel sistem kekebalan tubuh.

Awalnya, kanker ini terbentuk di kelenjar getah bening atau jaringan getah bening. Setelah itu, sel kanker dapat menyebar dengan luas, bahkan hingga sumsum tulang dan berbagai organ penting lainnya.

Gejala yang dirasakan tergantung awal kanker terbentuk disertai dengan kelelahan, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, banyak berkeringat, serta benjolan di bawah kulit pada leher, ketiak, atau selangkangan.

  1. Retinoblastoma

Gangguan ini terjadi pada mata dengan tampilan pupil putih atau merah muda yang tidak wajah, berbeda dengan bentuk pupil normal.

Kondisi ini terjadi sekitar dua persen dari total kasus kanker pada anak. Usia anak-anak yang rentan mengalami gangguan ini, antara 2-6 tahun.

Penanganan dini perlu dilakukan sesegera mungkin, sebab retinoblastoma dapat menyebabkan dampak buruk dengan cepat dan tumbuh secara tidak terkendali. Pada akhirnya menyebabkan kerusakan di jaringan sekitarnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.