Greysia Polii Ungkap Nutrisi dan Edukasi Berperan bagi Kariernya

Greysia Polii Ungkap Nutrisi dan Edukasi Berperan bagi Kariernya
Greysia Polii Ungkap Nutrisi dan Edukasi Berperan bagi Kariernya

Mantan pebulu tangkis nasional Greysia Polii mengungkap nutrisi termasuk susu dan edukasi dari bangku sekolah berperan bagi kariernya selama ini hingga pensiun.

“Waktu kecil saya diajari untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Kalau mau kuat minum susu, makan sayur. Sampai sekarang saat saya sudah pensiun pun setiap pagi minum susu sebuah keharusan,” ujar dia dalam konferensi pers virtual “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia” yang digagas SGM Eksplor.

Selain nutrisi dari makanan, Greysia juga meminum suplemen sebagai tambahan. Saat berada di asrama untuk berlatih bulutangkis, dia masih ingat selalu diingatkan sang ibunda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi.

“Mama saya waktu di asrama karena tidak bisa kontrol anaknya 24 jam, jadi dia selalu telepon saya, ingatkan. Makan sehat, minum susu segala macam,” kata dia.

Baca Juga :   Jurgen Klinsmann Dukung Alessandro Del Piero Jadi Dewan Klub Juventus

Tak hanya nutrisi, bagi Greysia, edukasi juga menjadi hal penting. Menurut dia, edukasi khususnya dari bangku sekolah membantu membangun ketahanan terutama mental sebagai seorang atlet.

“Keluarga saya menyarankan saya mau jadi juara dunia tetapi tidak boleh melupakan sekolah, edukasi karena membantu karier saya di bulu tangkis,” tutur dia.

Peraih emas pada Olimpiade Tokyo 2020 itu mengatakan mulai berlatih bulu tangkis sejak usia lima tahun. Sejak menempuh pendidikan di sekolah menengah pertama (SMP), setiap hari dia bangun pukul 05.00 dan latihan pukul 07.00.

Setengah jam berikutnya Greysia berangkat ke sekolah. Dia lalu latihan bulutangkis lagi pukul 15.00 hingga 19.00.

Baca Juga :   Striker Timnas Spanyol Ini Jadi Pengganti Cristiano Ronaldo di MU?

“Jam 20.00 sekolah lagi. Kalau saya flashback, saya enggak kuat kalau tidak ada nutrisi,” tutur Greysia yang berasal dari Sulawesi Utara itu.

Greysia berkisah, proses yang dilaluinya untuk menjadi atlet bulu tangkis dan merengkuh juara tak sebentar, melainkan relatif lama. Kegigihannya untuk menjadi juara dibentuk sejak kecil.

“Memang, kegigihan yang saya rasakan terbentuk dari kecil. Waktu kecil kita tidak merasakan. Tetapi, karena dipupuk setiap hari sampai pada akhirnya terbentuk karakter kuat dan tangguh,” demikian kata dia.

Sementara Senior Brand Manager SGM Eksplor, Shiera Syabila Maulidya, mengatakan, “SGM Eksplor percaya bahwa setiap anak memiliki potensi dan hak yang sama untuk meraih kemajuan, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses kemajuan, termasuk akses nutrisi dan pendidikan.”

Baca Juga :   Pemain yang Pindah dengan Transfer Besar Usai Piala Dunia

“Guna mendukung anak-anak Indonesia tumbuh jadi Anak Generasi Maju, SGM Eksplor meyakini bahwa upaya kolaborasi bersama harus terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk menghadapi berbagai tantangan terhadap akses pendidikan dan nutrisi yang masih dihadapi anak di Indonesia,” dia menambahkan.

Untuk itu, di tahun 2022 ini, melalui gerakan sosial “Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia”, SGM Eksplor kembali mengajak berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran bahwa masih banyak anak-anak Indonesia yang menghadapi tantangan akses nutrisi dan juga pendidikan. Hal ini juga menjadi upaya dari SGM Eksplor agar anak-anak Indonesia memiliki kesempatan agar tumbuh maksimal jadi Anak Generasi Maju,” paparnya.