Gerakan Yoga Ini Dijamin Ampuh Mengecilkan Perut Buncitmu

Memiliki perut yang langsing adalah impian semua orang. Tapi perut rata dan ramping bukan hanya sekedar impian jika kamu mau berusaha untuk mewujudkannya. Di artikel sebelumnya tentang tips mengatasi perut buncit ditulis, disebutkan bahwa yoga bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut. Nah di artikel kali ini, Toped akan mengulas gerakan-gerakan yoga apa saja yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Mau tahu? Langsung simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Tadasana, gerakan yoga yang paling cocok untuk pemula

Tadasana adalah gerakan yoga yang paling dasar dan mudah untuk dilakukan, termasuk bagi Kamu yang masih pemula. Fungsi dari gerakan ini adalah untuk menguatkan otot bagian perut, memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan membantu menyeimbangkan kinerja otot tubuh secara alami. Untuk melakukan latihan Tadasana, Kamu cukup mengikuti 2 langkah mudah ini:

– Berdiri tegak lalu jinjitkan kaki, angkat ke atas sambil menarik napas.

– Lakukan langkah ini berulang-ulang setiap detik sebanyak 10 kali.

Pavanamuktasana, gerakan yoga yang paling santai, bisa sambil tiduran di kasur

Gerakan yoga yang paling santai dan termasuk mudah dilakukan untuk mengecilkan perutmu adalah Pavanamuktasana. Latihan ini bisa kamu lakukan di kasur saat bangun atau sebelum tidur. Gerakan yoga Pavanamuktasana sangat mudah untuk dilakukan loh, Kamu. Kamu cukup melakukan langkah-langkah di bawah ini:

– Berbaring di kasur atau matras yoga dengan posisi telentang sempurna.

– Angkat kepala dan tarik kaki kanan sambil menarik napas, lalu cium lutut sambil menghembuskan napas.

– Ganti dengan kaki kiri.

– Lakukan dengan menarik kedua kaki hingga menyentuh hidung dan tahan selama 30 detik. Atur pernapasan seperti langkah kedua.

– Ulangi beberapa kali semampumu.

Bhujangasana, yoga dengan 3 manfaat sekaligus

Selain bermanfaat untuk melenyapkan lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini juga cocok untuk kelenturan bagian pinggang dan tulakang belakang loh, Kamu. Bahkan dengan rutin melakukan Bhujangasana, akan membuat kamu terhindar dari yang namanya sakit punggung, hingga menyembuhkan sakit punggung yang sudah terlanjur datang.

Cara melakukannya:

– Ambil posisi tidur telungkup dengan kaki lurus dan kedua telapak tangan berada tepat di bawah garis bahu.

– Tarik napas secara perlahan dan angkat badan ke arah belakang dengan kedua tangan. Tahan posisi ini selama 1 menit.

– Kembali ke posisi awal sambil menghembuskan napas secara perlahan. Ulangi 5-10 kali.

Dhanurasana, posisi “perahu” yang ampuh membakar lemak di perut

Yoga Dhanurasana memang cenderung sulit untuk dilakukan, tapi kamu tetap wajib mencobanya karena punya banyak manfaat untuk tubuhmu. Tidak hanya ampuh membakar lemak yang menumpuk di perut, gerakan yoga yang satu ini juga sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot punggung.

Walaupun agak sulit, tapi jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan kamu juga akan terbiasa dengan gerakan yoga yang satu ini kok. Yuk coba yoga Dhanurasana dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Berbaring dengan posisi telungkup di atas matras yoga, bengkokan lutut ke atas dan pegang pergelang kaki dengan tangan.

– Angkat badan ke atas sampai tubuh membentuk lengkungan mirip seperti perahu dan hanya perut yang jadi tumpuan badan.

– Arahkan kepala dan pandangan ke arah atas, tahan posisi ini 30 detik hingga 1 menit.

Padahastasana, yoga yang bikin langsing sekaligus pintar

Kalau soal bikin perut langsing sih udah pasti lah yah. Tapi gerakan yoga yang satu ini punya manfaat lain loh Kamu, bisa bikin kamu pintar. Kok bisa? Karena gerakan dari Padahastasana ini juga bisa memperlancar pasokan oksigen ke otak, jadi sel-sel otak pun bisa bekerja lebih aktif.

Cara melakukan latihan yoga ini juga sangat mudah kok, cukup ikuti langkah di bawah ini:

– Ambil posisi berdiri tegak dan angkat tangan ke atas sambil menarik napas.

– Tarik kedua tangan ke bawah telapak kaki dan hembuskan napas.

– Tahan posisi ini hingga 1 menit, ulangi hingga beberapa kali.

Tulisan ini dipublikasikan di Health dan tag . Tandai permalink.