Gantikan Binotto, Vasseur Resmi Mulai Kerja Jadi Kepala Tim Ferrari

Frederic Vasseur mulai bekerja di Maranello pada hari Senin (9/1/2023) sebagai kepala tim Formula Satu (F1) Ferrari yaang kelima dalam waktu kurang dari satu dekade.

Dia merupakan orang Prancis kedua yang menjalankan tim tertua dan tersukses dalam olahraga balap mobil formula ini, Vasseur masuk menggantikan Mattia Binotto dengan tim kuda jingkrak berharap ia mampu menyamai prestasi Jean Todt.

Jean Todt memimpin masa keemasan di Scuderia, pada tahun 1993 sebagai manajer umum dan memulai transformasi yang mengarah ke periode dominasi dengan pembalanya Michael Schumacher.

Schumacher memenangi lima gelar juara dunia berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya dari 2000-04 di bawah kepemimpinan Jean Todt, sementara Ferrari memenangkan tujuh kejuaraan konstruktor antara 1999 dan akhir 2007, ketika Kimi Raikkonen merebut gelar juara dunia yang terakhir untuk Ferrari.

Ketika Jean Todt tiba, Ferrari belum mampu memenangkan balapan sejak 1990 atau gelar pembalap selama lebih dari satu dekade dan menaruh kepercayaan mereka pada pria yang berlatar belakang reli tersebut.

Situasinya sangat berbeda sekarang, dengan runner-up kejuaraan Ferrari musim lalu dengan empat kemenangan dan 12 pole position.

Vasseur (54), sudah berada di tim F1 ketiga kalinya setelah bergabung dengan Renault pada 2016.

Tim Ferrari masih belum memenangkan gelar sejak 2008 dan telah membuat beberapa kesalahan mencolok yang membuat fans mereka semakin frustrasi.

Kesabaran semakin menipis dan Vasseur menghadapi tantangan terbesar dalam kariernya.

Perputaran Ferrari di puncak bersaing dengan juara Red Bull yang dipimpin oleh Christian Horner sejak 2005 dan Mercedes di bawah Toto Wolff selama periode dominasi mereka dari 2014-21.

Vasseur, yang bergabung dari Sauber yang berbasis di Swiss di mana dia menjalankan tim Alfa Romeo bertenaga Ferrari, memiliki lebih dari sekadar kebangsaan yang sama dengan Todt.

Pada tahun 2004, dia bergabung dengan putra Todt, Nicolas, dalam membentuk tim ART yang membawa juara dunia F1 masa depan Nico Rosberg dan Lewis Hamilton meraih gelar di ajang GP2 masing-masing pada tahun 2005 dan 2006.

\Nicolas Todt menangani pembalap Ferrari Charles Leclerc, runner-up musim lalu yang juga membalap untuk Vasseur di Sauber pada musim debutnya.

Mobil 2023 akan diluncurkan pada 14 Februari, yang berarti fokus langsung Vasseur akan lebih bersifat organisasi, mempertajam strategi, struktur, dan keandalan tim , daripada di sisi teknik.

Tulisan ini dipublikasikan di Olahraga dan tag . Tandai permalink.